| Oleh | 08 May 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 adalah kontes robot tahunan bagi mahasiswa. Kontes yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini bertujuan untuk meningkatkan minat, bakat dan kemampuan mahasiswa dalam pengembangan teknologi terkini khususnya robotika. Tujuan Kontes Robot Indonesia yaitu diantaranya : menumbuh-kembangkan dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa di Perguruan Tinggi, mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ke dalam dunia desain dan aplikasi nyata, meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan bidang teknologi robotika, meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap seni budaya bangsa, maupun meningkatkan pengetahuan aplikasi sensor dan teknik kendali yang mutakhir.

KRI 2017 diselenggarakan dalam 4 Wilayah Tingkat Regional, yang pembagiannya mencakup sebagai berikut : Regional 1 meliputi wilayah Sumatera dan sekitarnya ; Regional 2 meliputi wilayah Jawa bagian barat, Kalimantan (sebagian) dan Sulawesi; Regional 3 meliputi wilayah Jawa bagian tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan : Regional 4 meliputi wilayah Jawa bagian timur, Bali, NTB, NTT, wilayah Maluku dan wilayah Papua. Rangkaian kegiatan KRI Tingkat Regional diselenggarakan mulai 4 Mei 2017 dan berakhir pada tanggal 25 Mei 2017.

Untuk Regional 3 yang akan berlangsung di Graha Sabha Permana Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Tanggal 11-13 Mei 2017, Mempertandingkan 73 Robot dalam 4 Kategori diantaranya :

  • Kontes Robot ABU Indonesia tema KRAI 2017 adalah “Lempar Cakram”, selaras dengan tema ABU Robocon 2017 “The Landing Disc”. Pada kontes ini robot melempar cakram menuju tempat pendaratan.
  • Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda mengacu pada RoboCup Middle Size League (MSL). Panjang dan lebar robot 30-52 cm dan tinggi 40-80 cm. Robot bermain di lapangan berukuran 4,8 x 7,2 m.
  • Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) menampilkan robot-robot humanoid yang dapat menari berdasarkan gerakan seni tari dan budaya bangsa di Indonesia dengan tema “Robot Penari Gending Sriwijaya”.
  • Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) 2017 bertema “Robot Cerdas Berkaki Pemadam Api”. Robot yang menggunakan penggerak kaki smandiri bergerak untuk menemukan dan memadamkan api lilin.

Universitas Ahmad Dahlan melalui kelompok studi RDC (Robotic Development Community) Program Studi Teknik Elektro, akan mengikuti 4 kategori dengan mengirimkan 4 Tim untuk mengikuti Kontes Tersebut, berikut susunan tim yang akan berjuang di Regional 3 :

  • KRAI Sagotra : Ibnu Atma Kusnadi, M. Kamaludin, Anggit Febriawan , Pembimbing Ir. Wahyu Sapto Aji, S.T., M.T., IPM.
  • KRSBI Fire –X : Tofik Nurachman, Arif Nugraha, Sigit Rahmat Sasongko, Yogo Paranto Aji, Pembimbing Riky Dwi Puriyanto, S.T., M.Eng.
  • KRSTI Lanage Jagad : Alfath Jumariyanto, Anggit Pamungkas, Ahmad Sopi Samosir Pmbimbing Dr. Abdul Fadlil, M.T.
  • KRPAI Berkaki (Al Jazari) : Hendril Satriyan Purnama, M. Dhia Dzulfiqar Pembimbing Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng.

Tofik Nurachman salah satu Tim RDC Program Studi Teknik Elektro, saat ditemui reporter fakultas di bengkel kerjanya menyampaikan” dalam kompetisi tersebut merupakan ajang kompetisi kemampuan dari masing-masing perguruan tinggi untuk menunjukkan kepiawaian para mahasiswanya dalam merancang dan membuat serta memprogram robot-robot ciptaannya. Tofik dan seluruh tim robot UAD juga meminta doa restu dan dukungan kepada seluruh civitas akademika UAD agar kami bisa meraih prestasi pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 Regional 3 di UGM. /(ns)

Komentar Ditutup.

Tinggalkan Komentar

Kamu harus login untuk memberikan komentar.