Prodi Teknik Industri Menyelenggarakan Sosialisasi Visi & Misi Serta Pemberlakuan Kurikulum 2016 Dan Buka Puasa Bersama
(FTI Press) Kurikulum 2016 merupakan perubahan dari kurikulum 2012 yang dilakukan oleh prodi teknik industri. Kurikulum 2016 merupakan pembaharuan kurikulum sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang didukung oleh Permendikbud No 49 Tahun 2014 dan diperkuat dengan Permenristekdikti No 44 Tahun 2015. Kurikulum berbasis KKNI diharapkan dapat mendukung integrasi pencapaian level kompetensi dari bidang pendidikan, pelatihan kerja, dan pengalaman kerja. Jenjang pencapaian level KKNI dimulai dari level 1 (terendah) sampai level 9 (tertinggi). Diharapkan dengan perubahan kurikulum berbasis KKNI ini dapat membekali mahasiswa yang terjun ke dunia profesional dengan kemampuan/skill sesuai peluang dan lapangan kerja yang ada.
Pada tanggal 16 dan 18 Juni 2016, Prodi Teknik Industri FTI UAD mengadakan sosialisasi Visi & Misi Program Studi serta kurikulum 2016 sekaligus buka puasa bersama mahasiswa Prodi teknik industri. Acara sosialisasi dilaksanakan dalam dua tahap dan berlangsung di ruang auditorium kampus III UAD. Hari pertama (16 Juni 2016) digunakan untuk sosialisasi Visi Misi Program Studi serta kurikulum pada mahasiswa angkatan 2015 sedangkan hari kedua (18 Juni 2016) untuk mahasiswa angkatan 2014, 2013, 2012, dan 2011. Acara ini dibuka oleh kaprodi teknik industri (Annie Purwani, S.T.P., M.T.) dan dilanjutkan dengan sosialisasi Visi & Misi serta penjelasan mengenai kurikulum 2016. Kurikulum 2016 sendiri akan dilaksanakan mulai semester Gasal 2016/2017. Hal tersebut untuk penyesuaian dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan dunia kerja saat ini.
Visi Program Studi Teknik Industri :
Menjadi Program Studi Teknik Industri berbasis keislaman yang dikenal di tingkat ASEAN.
Misi Program Studi Teknik Industri :
- Menyelenggarakan program pendidikan yang menghasilkan sarjana Teknik Industri berbasis ke-islaman dan berjiwa technopreneur.
- Menyelenggarakan program penelitian bidang teknik industri yang melibatkan peneliti tingkat ASEAN.
Turut membantu pembangunan industri Indonesia dengan melakukan pengabdian masyarakat. - Menyelenggarakan program-program kerja sama di wilayah ASEAN.
- Mengembangkan sumber daya yang baik dan bermutu secara berkelanjutan.
Setelah penjelasan kurikulum selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Respon dari mahasiswa cukup beragam, diantaranya beberapa mahasiswa angkatan 2014 bertanya mengenai proses ekivalensi kurikulum 2016 dari kurikulum sebelumnya. Selain itu juga terdapat pertanyaan mengenai dampak perubahan kurikulum tersebut terhadap proses registrasi dan perkuliahan semester depan untuk angkatan 2013 ke atas yang saat ini masih mengambil sks perkuliahan. Forurm sharing dengan mahasiswa tersebut diakhiri dengan kegiatan buka puasa bersama.
/(ns) doc ie