| Oleh | 04 Aug 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu Program Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Litabmas), Ditjen Dikti untuk meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) diperguruan tinggi. Diharapkan mahasiswa kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis, profesional, dapat menerapkan, mengembangkan, menyebarluaskan Ipteks dan memperkaya budaya nasional.

Dari total 16 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang didanai Kemenristek Dikti, ada 1 PKM yang lolos dan akan mengikuti ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2017.Salah satu kelompok tersebut adalah tim ELANG (Easy Leaf Analyses Nitrogen) dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri, dengan kategori PKM Karsa Cipta. Tim ELANG beranggotakan 3 Mahasiswa yang diketuai oleh Bintang Akbar Pratama, Bimo Gusti Pangestu, dan Cahya Utama Purwa Negara.

Latar belakang dari diusulkanya PKM ini adalah fakta permasalah di lapangan yang sering dihadapi oleh petani padi. Selama ini, petani padi sering mengeluh salah satunya karena perhitungan penggunaan dosis pupuk nitogen (misalnya: pupuk urea dan NPK) tidak diaplikasikan secara pas, jika pemupukan nitogen terlalu banyak akan menjadikan batang tanaman tidak kokoh dan tanah sawah mengeras. Di sisi lain, jika kekurang nitrogen, maka pertumbuhan vegetatif (batang, daun, dan akar) tanaman padi akan menjadi lambat. Kekurangan pemupukan maupun defisit unsur nitrogen dalam budidaya tanaman padi dapat menyebabkan defisiensi nutrisi nitrogen. Defisiensi nitrogen ini secara fenotipe dapat diamati melalui respon tanaman padi yang tampak pada warna daunnya.

Alhamdulillah, tim ELANG bisa lolos ke PIMNAS 2017, Tim ELANG dibimbing oleh bapak Adhita Sri Prabukusuma S.P., M.Sc. (Dosen Teknologi Pangan FTI UAD). Mohon doa restu kepada seluruh civitas akademika UAD, supaya timnya dapat membawa nama baik UAD dan meraih hasil maksimal di PIMNAS XXX 2017 yang akan diselenggarakan pada tanggal 23-28 Agustus 2017 di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. PKM-2017-PIMNAS-Publish-Peserta-Detail /(ns)

Komentar Ditutup.

Tinggalkan Komentar

Kamu harus login untuk memberikan komentar.