• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211

Sambutan Dekan

Sunardi, S.T., M.T., Ph.D.

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu’alaikum Warhmatullahi Wabarakatuh

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan berbagai nikmat dan karunia kepada kita semua. Shalawat beserta salam senantiasa tercurah kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Universitas Ahmad Dahlan adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, Indonesia. Universitas ini didirikan tanggal 18 November 1960. Universitas Ahmad Dahlan mengembangkan bidang keahlian atau program studi-program studi dalam bidang teknologi maupun bidang sosial dan humaniora.

Dalam bidang teknologi tersebut salah satunya adalah Fakultas Teknologi Industri, yang berdiri bersamaan dengan berubahnya IKIP Muhammadiyah Yogyakarta menjadi Universitas Ahmad Dahlan, yaitu pada tahun 1994. Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI-UAD) terdiri dari 5 (lima Program Studi, yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan Teknologi Pangan).

Visi FTI-UAD adalah “Menjadi fakultas unggulan yang diakui secara internasional dalam bidang teknologi berbasis nilai-nilai Islam dan menghasilkan lulusan yang berjiwa entrepreneurship.”. Keunggulan dalam penguasaan dan pengembangan tersebut dilandasi nilai-nilai Islam sebagai upaya untuk membangkitkan dan mempertahankan semangat juang dan etos keilmuan KH Ahmad Dahlan. Visi tersebut mengandung makna bahwa FTI-UAD bertekad untuk menjadi fakultas yang unggul tidak hanya dalam penguasaan teknologi, melainkan juga unggul dalam mencetak lulusan yang berjiwa entrepreneurship.

Dalam melaksanakan kegiatan akademik pada semua program studi, FTI-UAD selalu mengutamakan kualitas dengan landasan agama yang kokoh, sesuai dengan semboyan “UAD means Moral and Intellectual Integrity”. Sehingga lulusan FTI-UAD lebih memiliki karakter yang kuat karena memiliki kemampuan bukan hanya hardskills namun juga softskills.

FTI-UAD akan senantiasa mengemban amanah yang telah dipercayakan masyarakat untuk belajar dan meraih masa depan dengan disiplin diri dan komitmen yang tinggi. Sehingga selama menuntut ilmu di FTI-UAD, mahasiswa pada akhirnya nanti, diharapkan dapat menyelesaikan studi tepat waktu sesuai dengan program fakultas yang disertai capaian indeks prestasi kumulatif tinggi, serta target lulusan dalam waktu singkat, dapat diterima bekerja atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, maupun memiliki kemauan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Lulusan FTI-UAD tidak hanya mampu berkompetisi dalam pasar dunia kerja nasional dan internasional, tetapi juga memiliki mindset untuk berwirausaha mandiri, menjadi seorang technopreneur. Technopreneur dalam mengembangkan produk, tak hanya memandang dari satu sisi fungsi, tetapi menjadi sesuatu hal yang memiliki nilai jual dengan teknologi yang baik.

Data statistik penambahan lulusan Sarjana Teknik per 1 Juta Penduduk per Tahun masih sangat kecil dibandingkan dengan negara-negara maju bahkan negara ASEAN lainnya. Rasio penambahan Sarjana Teknik di Tahun 2008 adalah 164 per tahun per 1 Juta penduduk masih lebih kecil dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam masing masing 367, 202 dan 282 per tahun per sejuta penduduk. Data dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) target tahun 2025 adalah Sarjana Teknik harus berada di kisaran 600 – 800 keluaran Sarjana Teknik/Tahun/1 Juta Penduduk. Untuk mencapai target rasio Tahun 2025 ini diharapkan terjadi pertumbuhan Sarjana Teknik setiap 5 tahun dengan proyeksi sebagai berikut:

  • Tahun 2011 – 2015 bertumbuh sekitar 50.000 per Tahun
  • Tahun 2016 – 2020 bertumbuh sekitar 75.000 per Tahun
  • Tahun 2021 – 2025 bertumbuh sekitar 120.000 per Tahun

Melihat peluang tersebut, kepada adik-adik yang saat ini tengah duduk di bangku SMA/SMK/MA bergabunglah bersama kami, Fakultas Teknologi Industri – Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi langkah-langkah kita.

Wabillahit taufiq wal hidayah
Wassalamu’alikum Warhmatullahi Wabarakatuh.

Dekan FTI UAD

Sunardi, S.T,. M.T., Ph.D.