• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 26 Apr 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) pada ajang perlombaan international Festival Innovation on Green Technology (i-FINOG 2019) yang berlangsung pada tanggal 19-21 April 2019, mengirimkan dua timnya untuk mengikuti ajang tersebut. Salah satu tim tersebut adalah RCP-GRAIN (ROOF COVERING PROTOTYPE GRAIN). Tim tersebut terdiri dari : Yenny Rahmawati (1700022065), Desty Restia Rahmawati (1600023026), dan Nindi Atika (1500022067), dengan Dosen Pembimbing : Anton Yudhana., S.T.,M.T.,Ph.D.

RCP-GRAIN Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan (UAD) IFINOG 2019

International Festival of Innovation on Green Technology i-FINOG 2019 atau Inovasi Festival Internasional pada teknologi hijau (I-finog) memungkinkan para mahasiswa untuk mengembangkan dan mengasah kreativitas dan inovasi melalui kompetisi, inovasi, dan kreativitas selain budidaya budaya inovasi kompetitif dan berkelanjutan di kalangan mahasiswa.

RCP-GRAIN Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan (UAD) IFINOG 2019

RCP-GRAIN (ROOF COVERING PROTOTYPE GRAIN) adalah sebuah alat penutup otomatis untuk membantu petani dalam proses penjemuran padi. Alasan kami membuat alat ini adalah untuk merubah sistem pengeringan gabah dari tradisional ke modern. Sehingga dapat meningkatkan kualitas dan mutu gabah sebelum dilakukan proses penggilingan hingga menjadi beras.

Kelebihan dari RCP-GRAIN adalah :

1. RCP-GRAIN dilengkapi dengan sensor kelembaban sehingga dapat mengukur kelembaban gabah.
2. RCP-GRAIN dilengkapi dengan sensor hujan, sehingga ketika hujan turun atap akan tertutup secara otomatis sehingga gabah tetap aman.
3. Selain itu, RCP-GRAIN dilengkapi dengan modul wifi yang sudah tersambung dengan aplikasi yang sudah ada pada smartphone. Sehingga kita dapat memantau kelembaban gabah lewat smartphone. Selain itu, ketika hujan tiba RCP-GRAIN akan mengirimkan notifikasi ke smartphone.

Alhamdulillah dengan ide kreatif dan inovasi dari mahasiswa Teknik Elektro FTI UAD tersebut, berhasil meraih Gold Medal dalam ajang bergengsi tingkat internasional. InshaAllah dengan prestasi ini bisa menginspirasi mahasiwa Universitas Ahmad Dahlan Khususnya mahasiswa Fakultas Teknologi Industri untuk lebih berprestasi“ Terang Anton Yudhana.
/(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa