• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 17 Apr 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Sains dan teknologi merupakan dua hal yang saling berkaitan. Dalam merealisasikan sains secara otomatis teknologi akan ikut serta di dalamnya. Indonesia merupakan Negara berkembang yang masih terus belajar dan mengimbangi perkembangan zaman terutama dalam sains dan teknologi dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya alam, manusia, sosial, ekonomi serta kearifan lokal secara bermartabat. Mengenai hal ini, Indonesia mendapat kesempatan emas berdasarkan visi ASEAN pada tahun 2020 yaitu terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA diharapkan dapat membentuk ASEAN menjadi pasar yang berbasis produksi tunggal sehingga membuat ASEAN lebih dinamis dan kompetitif dengan mekanisme dan langkah-langkah untuk memperkuat pelaksanaan baru yang ada inisiatif ekonomi, mempercepat integrasi regional di sektor-sektor prioritas, memfasilitasi pergerakan bisnis, tenaga kerja terampil dan bakat serta memperkuat kelembagaan mekanisme ASEAN. Untuk melaksanakannya dibutuhkan pengoptimalisasian sains dan teknologi guna meningkatkan stabilitas energi nasional. Dalam hal ini, Perguruan Tinggi adalah salah satu sarana pendidikan untuk membentuk generasi masa depan bangsa. Melalui kegiatan akademis diharapkan mampu menghasilkan generasi masa depan bangsa yang dapat memahami dan mengimplementasikan ilmunya sesuai bidang keahlinya.

Juara 3 Lomba Perancangan Alat Pemurnian Bioetanol Tingkat Nasional (EXCESS 2018)

Mencermati hal ini maka kami Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatemia) Fakultas Teknik Universitas Lampung memfasilitasi Mahasiswa dengan serangkaian kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Tingkat Mahasiswa, Lomba Rancang Alat, Lomba Desain Poster dan Seminar Nasional yang kemudian ditutup dengan acara internal yaitu Chemical Engineering Gathering guna membentuk generasi pemuda Indonesia yang mampu berinovasi dalam bidang teknologi berbasis ilmu pengetahuan untuk meningkatkan stabilitas energi nasional dalam menghadapi MEA. Kegiatan ini kami kemas dalam acara bernama: Explosion of Chemical Engineering Study Activities 2018 (EXCESS 2018)

EXCESS 2018 bertujuan agar Mahasiswa dapat mengaktualisasikan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan, baik dalam bentuk keilmuan atau dalam bentuk pengabdian terhadap masyarakat dan negara. Selain itu kegiatan ini juga merupakan wadah penyatuan gerak dan langkah dari Mahasiswa yang berwawasan teknologi berbasis ilmu pengetahuan untuk proses perubahan bangsa ke arah yang lebih baik. Karena sesungguhnya Mahasiswa adalah identitas intelektual yang menempati posisi strategis dalam perjalanan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Mahasiswa adalah agen-agen pengubah, pilar-pilar keadilan, kebenaran, teladan perjuangan, dan aset masa depan bangsa Indonesia. Mahasiswa dituntut ahli dalam segala bidang, yang nantinya akan mendukung mereka baik dari segi karier maupun dalam keseharian mereka. Hal ini lebih disebabkan peran mahasiswa yang tercantum dalam Tri Darma Perguruan Tinggi, agar lebih memahami dan mengerti fungsí sebagai pemuda yang mampu mengerakkan pundi-pundi perkembangan bangsa dan negara.

Alhamdulillah Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan yang terdiri dari Arpan Efendi, Siti Nurkhopipah, dan Ika Novitariny dengan Dosen pembimbing : Maryudi.,S.T.,M.T.,Ph.D. berhasil meraih juara 3 LOMBA RANCANG ALAT PEMURNIAN BIOETANOL TINGKAT NASIONAL EXCESS 2018. Dengan raihan prestasi tersebut InshaAllah bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa Teknik Kimia khususnya, dan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri pada umumnya. Terang Agus Aktawan, S.T., M.Eng. dosen Teknik Kimia pendamping lomba. /(ns)

Juara 3 Lomba Perancangan Alat Pemurnian Bioetanol Tingkat Nasional (EXCESS 2018)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa