• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 20 Agu 2015 | 0 komentar

(FTI Press) Kali ini reporter fakultas berkesempatan untuk mewawancarai salah satu peserta Team R-SCUAD di lomba Robot FIRA (Federation of Internasional Robosoccer Association) Tahun 2015 yang diselenggarakan di Daejoen, Korea Selatan. Watra Arsadiando salah satu tim dan juga arsitek dari Tim Robot Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dari Program Studi Teknik Elektro yang telah berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia dan juga Almamaternya, di kancah Internasional. Anggota dari Team R-SCUAD dalam perlombaan robot FIRA, yang terdiri dari punggawa-punggawa muda berbakat yaitu Teuku Makmur Tsani, Yayan Destiantoro, Watra Arsadiando, dan Mohammad Iqbalul Faiq Hatta, serta dosen pembimbing Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng., berhasil membawa pulang ke tanah air dengan meraih 2 piala serta penghargaan pada kategori weight lifting & wall climbing yang masing-masing kategori meraih juara 3.

Berikut perjalanan dan pengalaman Tim Robot UAD selengkapnya selama mengikuti lomba Robot FIRA Tahun 2015 di Korea Selatan. Pada hari minggu siang tepatnya tanggal 2 Agustus 2015 kami bertolak dari Yogyakarta ke Denpasar (Bali) kemudian akhirnya kami sampai di Korea pada Senin pagi tanggal 3 Agustus 2015. Setelah sampai di Korea kami melanjutkan perjalanan menggunakan bus menuju penginapan yang sebelumnya sudah di pesan untuk tempat tinggal, selama kami berada di Korea. Dari bandara menuju tempat penginapan kurang lebih menempuh 3 jam perjalanan. Hari pertama sampai di Korea kami masih berdaptasi dengan suhu dan iklim mengingat disana sedang memasuki musim panas. Saya dan anggota tim dihari pertama juga tidak mudah untuk mendapatkan makanan halal. Syukur Alhamdulillah akhirnya di hari pertama, saya mendapatkan makanan halal yaitu mie instant.

Hari berikutnya kami melakukan registrasi dan pengkondisian robot terhadap lapangan di arena lomba. Untuk perlombaan ini kami termasuk didalam divisi  Huro Cup (Humanoid Robot Cup) Kid. Kami membawa 3 robot untuk diikut sertakan ke dalam beberapa kategori perlombaan. Adapun kategori perlombaan yang kami ikuti, yaitu: Wall clambing, Weight lifting, Sprint, Marathon, Lift and carry. Saya dan rekan satu tim membagi menjadi 2 kelompok yang memiliki tanggung jawab pada setiap cabang perlombaan. Kelompok pertama yaitu Teuku Makmur Tsani dan saya (Watra Arsadiando) bertanggung jawab memegang 3 cabang perlombaan yaitu pada cabang lift and carry, weight lifting dan wall climbing. sedangkan kelompok yang kedua yaitu Yayan Destiantoro dan Mohammad Iqbalul Faiq Hatta bertanggung jawab atas 2 cabang perlombaan yaitu Sprint dan Marathon.