• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 04 Des 2015 | 0 komentar

FTI Press) Sebanyak 100 mahasiswa asing dari 40 negara yang menempuh kuliah di Indonesia mengikuti 4th International Student Summit 2015 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Lomba ini bertujuan, untuk memperkenalkan pendidikan dan budaya Indonesia melalui mahasiswa asing yang mendapat beasiswa dari pemerintah Indonesia. Sehingga jika mahasiswa asing yang ada di Indonesia kelak kembali ke negara masing-masing, mereka dapat menjadi agen promosi yang baik tentang Indonesia. selain mempromosikan Indonesia, juga mengapresiasi daya kreativitas, kebahasaan, dan teknik audio visual para kreatornya. “Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam video ini karena Bahasa Indonesia punya potensi mengglobal dari kesederhanaan tata bahasanya. UAD mengirimkan tiga mahasiswa internasional dalam ajang lomba tersebut, yakni Ali Abdul Raoof (Ali) asal Yaman, Prodi Teknik Kimia (program reguler),  Liana Snytsar (Liana) asal Ukraina (darmasiswa), dan Feng Yangming (Reza) asal Tiongkok, Prodi Sastra Indonesia (program reguler).

Ali Abdul Raof Juara 2 4th International Student Summit 2015 (6)

Dr. Erna Astuti, S.T., M.T., Ali Abdul Raof (tengah) & Agus Aktawan, S.T., M.Eng.

Salah satu peserta  dalam lomba tersebut adalah Ali Abdulraoof, merupakan mahasiswa angkatan tahun 2015 pada Program Studi Teknik Kimia FTI UAD yang berasal dari yaman. Saat ditemui reporter fakultas didampingi Dr. Erna Astuti, S.T., M.T. (Kaprodi Teknik Kimia) dan Agus Aktawan, S.T., M.Eng (Dosen Wali), Ali berbagi cerita saat mengikuti kompetisi tersebut. Ali yang merupakan mahasiswa asing UAD ini cukup aktif pada kegiatan ekstrakurikuler dan seringkali mengikuti kegiatan dari Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD. Berawal dari Ali, Feng Yangming atau Reza (China) dan Liana Snytsar (Ukraina) yang ditawari pihak KUI untuk bertemu dan mendiskusikan tentang adanya kompetisi atau lomba Video Promosi Indonesia dalam International Student Summit yang diselenggarakan oleh Kemenristek Dikti bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 15-18 November 2015. Ali dan kedua temannya beserta KUI sepakat untuk ikut dalam lomba tersebut. Pembuatan Video sendiri yang hanya memakan waktu setengah hari dan diberi judul “ Yogya Sangat Istimewa”.

Dalam proses pembuatannya diawali dari keraton Yogyakarta, kemudian jalan malioboro dan terakhir kotagede. Ali dan kedua temannya bercerita banyak tentang Yogyakarta dalam video tersebut, mereka menjelasakan keistimewaan Yogyakarta dalam bahasa indonesia. Proses seleksi video diawali dari mengupload video dokumentasi ke facebook, 10 video yang mendapatkan “like” terbanyak berhak untuk lolos ke tahap presentasi. Video Ali dan kedua temannya masuk dalam 10 video yang mendapatkan like terbanyak, dan mereka berhak untuk lolos ke tahap presentasi.

Ali Abdul Raof Juara 2 4th International Student Summit 2015 (2) Ali Abdul Raof Juara 2 4th International Student Summit 2015 (1)

Presentasi dilakukan di UMM. Dengan gaya presentasi yang santai dan fun yang dilakukan selama 4 menit, bahkan beberapa kali mereka menggunakan bahasa jawa sehingga mereka mampu menarik perhatian penonton pada acara tersebut. Dan alhamdulillah berkat kerja keras serta kerja sama dari berbagai pihak terutama KUI dan pihak-pihak yang mendukung, Ali dan teman-temannya berhasil mendapatkan Juara 2 pada lomba tersebut. /(ns)  

Video mereka dapat dilihat di : https://www.youtube.com/watch?v=iOOWCpVUSJI&feature=youtu.be

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa