• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 21 Apr 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Sabtu, 16 April 2016 merupakan hari yang menggembirakan bagi tiga mahasiswi Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yaitu Chici Wardiani Prasongko dan Fitri Ramdani (angkatan 2013) serta Rizky Gusti Pratiwi (angkatan 2014). Bronze medal pertama yang mereka dapatkan dari festival internasional yang bernama International Festival on Green Technology 2016 yang diselenggarakan oleh Universiti Malaysia Pahang 15 sampai 16 April 2016. Prestasi yang mereka dapat ini juga diikuti oleh tim dari UAD yang lain yaitu dari Teknik Informatika dan Teknik Industri yang juga mendapat prestasi yang sama. Bronze medal ini semakin menambah prestasi yang pernah ditorehkan mahasiswa-mahasiswa Teknik Kimia UAD sebelumnya baik itu dari tingkat lokal, nasional maupun internasional. Festival ini diikuti oleh sekitar 200 peserta dari berbagai negara di Asia.

image_625922406-Copy-819x1024

Keberhasilan ketiga mahasiswi Teknik Kimia UAD tidak lepas dari bimbingan yang apik dari Dr. Zahrul Mufrodi, S.T., M.T. yang tidak hentinya menempa mereka dari segi materi maupun mental selama lebih dari 1 bulan. “Plant Design of Eco-friendly Bioaditif (Octane Booster) with Continuous Process by Recycle stream” merupakan judul yang mereka usung di festival tersebut. bioaditif adalah bahan (cair) yang ditambahkan ke dalam bahan bakar bensin untuk meningkatkan angka oktan yang aman bagi kesehatan dibanding zat aditif yang digunakan saat ini. Bioaditif tersebut mereka hasilkan dari reaksi antara asam asetat (asam cuka) dengan gliserol yang notabene merupakan hasil samping dari produksi biodiesel. Reaksi dijalankan dalam sebuah alat yang bernama Reaktif Distilasi yang dilengapi recycle untuk meningkatkan hasil dari bioaditif. Bioaditif ini merupakan hasil penelitian mereka selama 1 bulan di bawah bimbingan bapak Zahrul.

Harapan mereka, produk yang mereka hasilkan ini bisa dikembangkan agar bisa menggantikan zat aditif yang ada. Dan prestasi yang mereka dapat ini bisa menjadi pelecut semangat bagi teman seangkatan dan juga adik tingkat mereka agar mau dan semangat menghasilkan karya dan mampu bersaing di tingkat lokal, nasional dan juga internasional.

[AA]/(ns)