• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 26 Apr 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Fikram Oktafiandi, Fahri Firmansyah dari Teknik Industri, dan Amanda Dwi Oktavia Adisty dari Teknologi Pangan, dengan Dosen pembimbing dan pendamping pada penelitian tersebut Amalia Yuli Astuti, S.T., M.T. meraih Gold Medal dalam kompetisi Internasional Festival Innovation On Green Technology (I-FINOG) 2019.

TIM DILAN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) IFINOG 2019

(I-FINOG) 2019” adalah kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Universiti Malaysia Pahang. Terkait dengan hal ini, tim Dahlan Muda Universitas Ahmad Dahlan mampu lolos dari babak penyisihan abstrak sampai dengan lolos Full Paper yang mengantarkan tim Dahlan Muda ini menjadi salah satu tim yang maju ke babak final.

TIM DILAN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) IFINOG 2019 TIM DILAN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) IFINOG 2019

Ketiga mahasiswa tersebut mencoba membuat sebuah produk yang bisa difungsikan untuk mengganti pupuk cair kimia dengan pupuk organik untuk tanaman hidroponik. Inovasi ini merupakan salah satu inovasi dalam menanggulangi limbah buah-buahan yang menumpuk di Kota Yogyakarta. Produk tersebut diberi nama DILAN (Liquid Biocompost Plant).DILAN (Liquid Biocompost Plant) adalah merupakan inovasi pupuk cair alami pengganti pupuk cair kimia untuk tanaman hidroponik yang memanfaatkan limbah buah-buahan menjadi nilai yang berguna.

Produk ini telah dilakukan uji coba terhadap tanaman hidroponik sawi-sawian dengan menggunakan pupuk cair kimia, hasilnya tidak terjadi perbedaan yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa pupuk cair organik ini mampu menggantikan pupuk cair kimia meskpun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap kandungan nutrisi yang terdapat dalam DILAN ini. Selain itu dilakukan juga uji kepekatan nutrisi tanaman pada larutan DILAN menggunakan alat TDS (Total Dissolved Solid) meter. Uji kepekatan nutrisi dilakukan dengan perbandingan volume air baku dan DILAN yang berbeda-beda mulai dari 50 mL hingga 250 mL.

Gagasan untuk membuat DILAN (Liquid Biocompost Plant) dilatarbelakangi oleh banyaknya buah-buahan yang rusak selama transportasi diakibatkan oleh benturan buah dengan buah lain atau dengan media selama pengangkutan. Alhamdulillah dengan gagasan tersebut mampu mengantarkan Tim DILAN Meraih Gold Medal. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa