• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 25 Apr 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Tim AUTOMOS (Automatic Monitoring and Controling System Hidroponik Agriculture) dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri universitas Ahmad Dahlan, dengan susunan anggota Vernandi Yusuf, Nenti Febi, dan Harianto, dengan dosen pembimbing Anton Yudhana S.T., M.T.,Ph.D. berhasil meraih Gold Medal dalam ajang perlombaan international Festival Innovation on Green Technology (I-FINOG 2018) pada tanggal 20-22 April 2018 bertempat di Sports Complex Universiti Malaysia Pahang Gambang Campus.

FTI UAD

AUTOMOS merupakan Alat yang bisa difungsikan untuk membantu petani hidroponik agar mudah untuk meningkatkan mutu kualitas tanaman hidroponik. Alat tersebut diberi nama AUTOMOS (Automatic Monitoring System) and Control of Hydroponic Agriculture. gagasan untuk membuat Automos dilatarbelakangi oleh masalah banyaknya petani hidroponik yang seringkali terkendala memonitoring suhu ,Kelebaban dan Ph tanaman hidroponik. Automos dilengkapi sistem sensor DHT-22 dan Sensor pH-Meter yang dapat memberikan informasi mengenai suhu, kelembaban udara, dan pH pada air mengenai tanaman sehingga mendapatkan pengawasan maksimal. Integrasi sistem controlling lampu dan kipas pendingin dapat mengkondisikan tanaman dalam keadaan terbaiknya. Arduino Uno sebagai eksekutor perintah yang diberikan server, serta dilengkapi Bluetooth yang dapat mengirim data sampai jarak 10 meter. Alat ini mempermudah pekerjaan hidroponik, diharapkan eksistensi hidroponik meningkat dan rakyat Indonesia dapat meminimalisir kebutuhan pangan dengan produksi sendiri yang berkualitas. Tim AUTOMOS pernah juga mendapatkan penghargaan sebagi juara 1 PKM PTM 2017 di Universitas Muhammadiyah Mataram.

FTI UAD

Selain itu, Tim dari Program Studi Teknik Elektro FTI UAD yang bertanding pada i-FINOG 2018 juga memperoleh Bronze Medal, yaitu Tim REDER VIRED ” Alat yang bisa difungsikan untuk membantu tunanetra bermobilitas agar tidak tersesat. Tim ini terdiri dari Tofik Nurochman, Mohammad Iqbalul Faiq Hatta, dan Ibnu Atma Kusnadi, Dosen pembimbing dan pendamping pada penelitian tersebut Son Ali Akbar, S.T.,M.Eng. /(ns)