• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 22 Apr 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Resik2yoU: Aplikasi Pendukung Kebersihan dan Keindahan Lingkungan dengan anggota Tim : Irsyad Pahlapi, Vera Wati, Dwi Susanto Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dengan Advisor : Andri Pranolo,S.Kom., M.Cs., dan Dewi Pramudi Ismi, S.T., M.CompSc. sebagai pembimbing berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan International Festival Innovation on Green Technology (I-FINOG 2016) pada tanggal 15-17 April 2016 yang bertempat di University Malaysia Pahang.

IMG-20160419-WA0000-1024x768Menampilkan IMG_8450.JPG

Tim Resik2yoU mengangkat tema sampah yang masih menjadi persoalan utama di beberapa daerah, diantaranya menjadi penyebab tersumbatnya saluran air yang mengakibatkan banjir, adanya penumpukan sampah di lokasi-lokasi umum sehingga mengganggu keindahan lingkungan, dan bahkan dapat menjadi tempat organisme sebagai penyebab penyakit bagi masyarakat. Karena hal ini, belum tersedianya tempat pembuangan sampah sementara yang mencukupi dan diketahui oleh masyarakat, tidak semua masyarakat memiliki waktu untuk membuang sampah ke lokasi-lokasi terdekat yang tersedia, dan kesadaran sebagian masyarakat masih kurang untuk membuang sampah pada tempatnya.

Saat ditemui reporter fakultas Andri Pranolo menyampaikan tentang  membangun sebuah program aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengetahui tempat pembuangan sampah sementara (TPSS), melakukan order untuk meminta agen untuk membantu mengantarkan lokasi TPSS, serta sebagai sarana edukasi bagi masyarakat agar peduli terhadap pengelolaan sampah, kebersihan dan keindahan lingkungan. Metode yang digunakan untuk membangun aplikasi ini menggunakan model prototyping yang terdiri dari tahapan-tahapan analisis, design, implementasi, dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi TPSS, studi literatur untuk mengetahui kegiatan penelitian atau proyek serupa yang pernah dilakukan, dan wawancara dengan masyarakat, peneliti, serta dinas terkait (BLH Kota Yogyakarta).

Tim dari Teknik Informatika lainnya yaitu Tim Hydroid yang membuat aplikasi android untuk memantau tanaman hidroponik. Sistem ini digunakan untuk mengecek kadar Electrical Conductivity (EC) dan pH pada tanaman hidroponik agar selalu seimbang. Kelompok ini terdiri dari Naufal Afif, Tsani Elvia Nita, dan Naufal dan dibimbing oleh Bapak Taufiq Ismail, S.T., M.Cs. meraih 1 medali perunggu. Dengan diraihnya 1 medali emas  dan 1 medali perunggu pada kejuaraan International Festival Innovation on Green Technology (I-FINOG 2016), bisa semakin memacu mahasiswa untuk berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. /(ns)