| Oleh | 07 Oct 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Untuk menghindari krisis energi dimasa datang perlu dioptimalkan pemanfaatan energi baik dari sisi pemanfaatan pasokan sumberdaya maupun pemanfaatannya. Energi berkelanjutan yang menggabungkan kecerdasan, fleksibilitas dan kinerja lingkungan serta sistem energi baru akan menjadi kombinasi yang sangat kompleks. Salah satu contoh kebutuhan energi yang pengunaannya sangat vital adalah tenaga listrik yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Peningkatan ini seiring dengan laju pembangunan ekonomi, pertumbuhan penduduk dan pesatnya pembangunan di sektor industri. Untuk memenuhi kebutuhan pasokan tenaga listrik, akan menjadi lebih sulit jika hanya bergantung pada sumber daya energi yang ada, yang saat ini ketersediaannya makin terbatas. Karena itu inovasi menjadi sangat penting untuk mengambil langkah-langkah dalam mencari sumber daya energi lain sebagai alternatif.

Uraian diatas tersebut disampaikan oleh Assoc. Prof. Dr. Eng. Muhammad Aziz (Tokyo Institute of Technology Japan) dalam acara Kuliah Tamu, yang diselenggarakan Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan. Kuliah tamu yang berlangsung pada hari Jumat 06 Oktober 2017 di Gedung Auditorium D, dihadiri dosen dan ratusan mahasiswa. Pada kuliah tamu tersebut mengambil tema “ Advanced Energy System for Sustainability (AES)”.

Beliau menambahkan “guna memenuhi peningkatan kebutuhan energi yang pesat, tentunya akan mengalami kesulitan apabila hanya menggantungkan sepenuhnya pada salah satu sumber daya energi yang ada dengan ketersediaan yang semakin terbatas. Pemilihan sumber daya energi alternatif harus dipertimbangkan dalam berbagai aspek . Dengan adanya energi Berkelanjutan maka akan mendukung setiap pembangunan berkesinambungan dalam jangka panjang. Dalam kesempatan tersebut Muhammad Aziz juga memberikan gambaran tentang Tokyo Institute Of Technology Japan. /(ns)

Komentar Ditutup.

Tinggalkan Komentar

Kamu harus login untuk memberikan komentar.