• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 05 Des 2013 | 0 komentar

team uadFoto : Team Robot Program Studi Teknik Elektro FTI UAD Meraih Juara 1 dan Juara 3 Lomba ELINFO COMPETITION 2013

Fakultas Teknologi Industri Program  Studi Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, mengikuti perlombaan ELINFO COMPETITION 2013 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Informatika (HIMANIKA) Fakultas Teknik UNY pada hari Sabtu – Minggu (30/11/2013-01/12/13) yang diikuti oleh 114 Team kontestan dari berbagai Universitas se- Indonesia.

“Berprestasi adalah tradisi” yang merupakan slogan dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri UAD. Syukur Alhamdulillah, 2 Team Robot Universitas Ahmad Dahlan berhasil mendapat prestasi gemilang dengan menyabet  2 gelar juara sekaligus. 2 Team Robot dari UAD mendapatkan juara 1 dan 3 dalam ajang lomba robot linefollower  ELINFO Competition 2013 yaitu :

elinfo 2013 juara 1elinfo 2013 juara 3

Team RDC Panzer 2art ( Juara 1)

Ketua               : Jehian Kamal Sri Artantyo.

Anggota          : Bagrafi Aswinda Y.

                          : Tri Wahono.

Team RDC Panzer 107 (Juara III )

Ketua               : Heri Santoso.

Anggota          : Hery Setyo Nugroho.

                          : Bayu Kurniawan.

Dosen Pembimbing : Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng.

Lomba Line Follower Contest RoboRace (RR) kali ini mengambil tema “Kontribusi Teknologi untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia”  mempunyai tujuan sebagai sebuah wadah yang disediakan untuk menumbuhkan semangat para mahasiswa dalam mengembangkan kreativitasnya. RoboRace (RR) adalah suatu pertandingan yang di dalam pertandingan ini, satu tim robot harus menandingkan robotnya dengan robot tim lain melalui sebuah track yang telah disediakan oleh panitia. Robot yang digunakan dalam pertandingan jenis ini adalah Robot Penjejak Garis (Line Follower).

sertifikat elinfo

Sistem pertandingan cukup mudah, siapa tim dengan robotnya yang terlebih dahulu mencapai finish atau mencatat waktu tercepat itulah yang menang. RoboRace ini selalu menjadi pertandingan yang paling meriah. Disamping karena penonton dapat melihat kelihaian robot masing – masing tim bertanding, pertandingan ini juga dapat membuat tegang seluruh tim apalagi ketika robot dari masing – masing tim sama – sama sudah memasuki area garis akhir. Pertandingan RoboRace (RR) ini pun semakin seru saja ketika robot dari masing – masing tim saling bertabrakan pada salah satu persilangan. Sehingga mengharuskan robot mengulang dari check point sebelumnya.

foto juara elinfo

Nuryono Satya Widodo sebagai dosen pembimbing mengungkapkan bahwa prestasi yang diraih ini tentu tidak lepas dari usaha keras mahasiswa dan dukungan universitas khususnya, Wakil Rektor III dan Biro Kemahasiswaan & Alumni (BIMAWA), serta pejabat dilingkungan Fakultas Teknologi Industri UAD. Teuku Makmur Tsani sebagai  Koordinator Team dan HMTE UAD menambahkan bahwa bulan Desember 2013 ini, Universitas juga mendukung sepenuhnya kegiatan penyelenggaraan  ADRC 2013 pada tanggal 15 Desember 2013, yaitu lomba robot untuk tingkat SMU/SMK se – Jawa dan Bali yang dinaungi oleh HMTE dan RDC Program Studi Teknik Elektro FTI UAD.

Prestasi yang diraih mahasiswa Teknik Elektro ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa UAD umumnya, serta  mahasiswa Fakultas Teknologi Industri khususnya untuk berprestasi ditingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Sumber : himanika-uny.org

(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa