• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 10 Okt 2013 | 0 komentar

indisco 2013Foto : Salah satu karya mahasiswa FTI-UAD yang dilombakan di INDISCO 2013

Dalam rangka mengembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam mendesain produk khususnya dalam produk mainan sebagai bagian dunia industri kreatif serta mempererat kerja sama antar mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, Prodi Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan mengirimkan 2(dua) tim untuk mengikuti lomba Industrial Design Seminar and Competition (INDISCO) merupakan suatu perlombaan berbasis desain produk industri yang dikemas dengan seminar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang pada 24-25 September 2013 yang  mengangkat tema untuk Lomba Desain Produk “Automata Toys For Edu-Plaything”. Inovasi yang ada diharapkan mampu membuat mainan berunsur edukatif yang dapat bersaing dengan mainan secara global dewasa ini. Secara garis besar perlombaan akan dilaksanakan dalam dua tahapan, yakni Tahap 1(Seleksi Awal) dan Tahap 2 (Final).

Dua tim Prodi Teknik Industri yang dikirim adalah :

1. TIM AMES UAD yang terdiri dari :

AMES_02

  1. Adhi Susatyo
  2. M.Febria Gunawan
  3. Indah Jannah P. Umamit

2. TIM YARHD JOGJA yang terdiri dari :

YARHD_02

  1. M. Hindarto
  2. Deni Arif Santosa
  3. Yafie Rahman A

Dengan dosen pembimbing : Agung Kristanto, ST., MT.

Tim AMES UAD membuat mainan automata yang menampilkan budaya yang sudah melekat di masyarakat Indonesia dan sudah menjadi tardisi dan pada saaat budaya hampir punah yaitu mencium tangan kedua orang tua atau orang yang lebih tua Disini ditampilkan dimana seorang anak yang sedang mencium kedua tangan orang tuanya yaitu ayah. Sedangkan Tim YARHD JOGJA membuat mainan automata yang menampilkan seni budaya Indonesia yaitu Tari Kecak yang dapat digerakkan secara manual.

YARHD_05

Pada seleksi tahap 1 (seleksi awal) kedua tim berhasil lolos ke babak 24 besar bersama dengan peserta dari PTN dan PTS seluruh indonesia dan diundang untuk mempresentasikan hasil karya mainannya pada sebuah presentasi tertutup di depan dewan juri di UNDIP semarang pada tanggal 24 September 2013. Berikut adalah daftar peserta yang berhasil lolos ke babak 24 besar :

24  besar indisco

Di seleksi tahap 2 (final) yaitu babak 5 besar satu tim yaitu YARHD JOGJA berhasil lolos ke babak final menyisihkan tim dari UGM, Univ Brawijaya. Tim YARHD JOGJA juga merupakan satu-satunya wakil dari Yogyakarta di babak final dan harus bersaing dengan Tim UNDIP, UI, Ubaya, dan USU. Di babak final, Tim YARHD JOGJA melakukan presentasi terbuka dihadapan tim juri.

Hasil akhir babak final tim YARHD JOGJA belum berhasil mendapatkan juara, tetapi hasil kerja keras tim YARHD JOGJA telah menjadi prestasi yang membanggakan karena berhasil menyisihkan tim-tim dari PTN dan menjadi satu-satunya wakil Yogyakarta yang berhasil babak final. Semoga di lomba-lomba yang lain bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sumber :

* www.indiscoundip2013.com

* Agung Kristanto, S.T., M.T.

(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa