| Oleh | 17 Oct 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (PSTE FTI UAD) pada hari Selasa 17 Oktober 2017 bertempat di ruang sidang dekanat FTI, menyelenggarakan Workshop dengan tema “Strategi Penyusunan Proposal Riset Dikti dengan pemateri Prof. Dr. Ahmad Saudi Samosir yang merupakan  reviewer hibah Dikti dari Universitas Lampung (UNILA). Acara ini diikuti dosen Teknik Elektro dan perwakilan dosen dilingkungan FTI UAD.

Prof. Dr. Ahmad Saudi Samosir

Ahmad Saudi Samosir menjelaskan secara rinci gambaran maupun bentuk hibah apa saja yang disediakan Dikti untuk penelitian para dosen, beliau memaparkan mengenai jenis-jenis hibah, diantaranya seperti hibah penelitian desentralisasi, dan hibah penelitian kompetitif nasional. Contoh bentuk hibah desentralisasi yang dapat dimanfaatkan oleh dosen seperti hibah untuk Penelitian Dosen Pemula (PDP), Penelitian Hibah Bersaing (PHB), Penelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (PEKERTI) dan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi  (PUPT).

Sebelum ke pokok bahasan inti beliau membuka sesi tanya jawab dengan peserta sehingga forum sharing tersebut menjadi hidup. Banyak sekali pertanyaan demi pertanyaan disampaikan kepada pemateri, tentunya hal tersebut dimanfaatkan oleh peserta untuk bertanya berbagai hal yang berkenaan dengan penelitian hibah Dikti. Beliau menyampaikan untuk penelitian litabmas Dikti langkah awal untuk memulai adalah memahami Panduan Penelitian dengan mencermati dan menerapkannya kedalam proposal, melakukan latihan dalam pembuatan proposal serta mencari referensi contoh-contoh proposal yang lolos hibah penelitian Dikti. Beliau juga menambahkan tentang sistematika penulisan proposal harus mengikuti aturan yang diberlakukan oleh Dikti. http://simlitabmas.dikti.go.id/

Dalam kesempatan tersebut, Workshop juga dihadiri Assoc. Prof. Tole Sutikno, S.T., M.T., Ph.D., MIET  Kepala Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (UAD Institute of Scientific Publication) dan juga Lina Handayani, Ph.D. (Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD). Dengan dilaksanakannya Workshop Penyusunan Proposal hibah Dikti ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen khususnya pada Program Studi Teknik Elektro dan Program Studi dilingkungan FTI UAD, sehingga kedepannya dosen-dosen FTI UAD mempunyai target jumlah proposal hibah yang semakin meningkat untuk  diterima atau lolos oleh Dikti.” Ungkap Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng. (Ketua Program Studi Teknik Elektro). /(ns)

Komentar Ditutup.

Tinggalkan Komentar

Kamu harus login untuk memberikan komentar.