• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 05 Agu 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Dalam rangka meningkatkan mutu, profesionalisme, dan soft skills mahasiswa serta untuk mewujudkan lulusan yang bisa diserap oleh dunia usaha, perusahaan, institusi bisnis dan juga pemerintahan. 69 Calon wisudawan/wati mengikuti seminar etika profesi. Seminar tersebut, mengundang pakar-pakar dari  Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Forum Anggota Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FAM-PII) Cabang Yogyakarta, seperti Ir. Suhada, MBA., dan Ir. H. Supriyo, MM, IPP (Ketua Cabang PII Yogyakarta). Acara seminar tersebut dibuka langsung oleh Kartika Firdausy, S.T., M.T. (Dekan FTI), “dalam sambutannya beliau berpesan kepada seluruh peserta seminar, untuk senantiasa selalu mengamalkan ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan tinggi di Universitas Ahmad Dahlan khususnya di Fakultas Teknologi Industri, sehingga nanti setelah diwisuda para sarjana teknik bisa mengaplikasikan antara ilmu yang sudah diperoleh, dengan pembekalan seminar etika profesi  dan kode etik tesebut.

Etika Profesi adalah sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan penuh ketertiban dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewajiban terhadap masyarakat. Kode etik profesi adalah sistem norma, nilai dan aturan professsional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik, dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi professional. Sebelum melaksanakan upacara wisuda bagi calon wisudawan/wati Universitas Ahmad Dahlan, khususnya dari Fakultas Teknologi Industri  (FTI) terlebih dahulu diberikan pembekalan, yang berupa Etika Profesi dan Kode Etik. Pembekalan ini merupakan hasil kerjasama antara Fakultas Teknologi Industri UAD dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) cabang Yogyakarta. Agenda pembekalan tersebut berlangsung pada hari Sabtu 05 Agustus 2017 bertempat di Gedung Auditorium D Kampus 3 UAD.

Tak kalah menariknya, acara seminar ini juga mengundang banyak antusiasme dari calon wisudawan/wati Fakultas Teknologi Industri.  Calon wisudawan /wati yang menghadiri acara ini sangat antusias bertanya dan berdiskusi dengan narasumber mengenai pendalaman ilmu membangun citra bisnis dalam Etika Profesi. Dalam seminar ini juga mengupas tentang sejarah dan perkembangan etika profesi di bidang Teknologi. Acara Seminar Engineering Ethic ini merupakan agenda rutin fakultas guna memberi bekal kepada Sarjana Teknik (S.T.) dan Sarjana Komputer (S.Kom) agar siap terjun di masyarakat, dunia kerja maupun melanjutkan kejenjang  pendidikan yang lebih tinggi. Disamping mendapatkan ilmu para peserta juga memperoleh sertifikat dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Yogyakarta.  / (ns)