• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
TAGS: | Oleh | 09 Feb 2019 | 0 komentar

(FTI Press) ELCCO (Electrical and Computer Competition) 2019 merupakan sebuah kompetisi dibidang inovasi dan perkembangan teknologi, ilmu dasar teknik elektro dan komputer, serta ilmu robotika yang berkembang pesat saat ini. Adapun pesertanya berasal dari siswa SMA/SMK hingga mahasiswa di tingkat Universitas se- JAWA, BALI, dan NUSA TENGGARA. Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana.

 Tim SI KUDA SARPIN FTI UAD

Lomba ini dibagi menjadi 4 kategori yaitu meliputi :
Lomba Cerdas Cermat (LCC) merupakan pertandingan adu ketajaman berpikir dan ketangkasan dalam menjawab pertanyaan secara cepat dan tepat. Materi yang diperlombakan meliputi matematika, fisika dan dasar Teknik Elektro. Sistem perlombaan cerdas cermat ini disebut E-Cerdas Cermat, dimana akses soal-soal, jawaban, hingga perangkingan peserta melalui perangkat mobile (notebook, laptop, ataupun smartphone).

 Tim SI KUDA SARPIN FTI UAD

Lomba Karya Cipta Teknologi (LKCT) merupakan lomba yang mewadahi inovasi dan kreatifitas di bidang teknologi yang nantinya seluruh peserta diharapkan mampu menciptakan sebuah teknologi yang aplikatif dan berguna bagi masyarakat. Lomba ini diawali dengan pengumpulan karya tulisnya dan yang terpilih sebagai finalis akan mempresentasikan karya tulisnya sekaligus mendemokan alat yang mereka ciptakan dihadapan juri-juri yang berkompeten dibidangnya.

 Tim SI KUDA SARPIN FTI UAD

Line Follower (LF) merupakan lomba robot pengikut garis yang akan menggunakan garis sebagai lintasannya serta terdapat berbagai rintangan yang harus diselesaikan. Lomba ini akan memperlombakan kecepatan dan kelincahan dari robot tersebut. Lomba ini juga akan memperlombakan design terbaik dari robot. Cabang lomba Line Follower (LF) dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori Analog (untuk SMA/SMK atau sederajat) dan Mikrokontroler (untuk Mahasiswa dan umum).

 Tim SI KUDA SARPIN FTI UAD

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) merupakan lomba yang mewadahi seluruh peserta untuk berinovasi dan menuangkan idenya dalam bentuk karya tulis ilmiah di bidang teknologi yang dapat berguna bagi masyarakat dan dapat memberikan solusi dari berbagai permasalahan yang ada.

Pada kompetisi ELCCO (Electrical and Computer Competition) 2019 ini, Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) mengirimkan Tim SI KUDA SARPIN yang terdiri dari Ahmad Yogaswara, Muhammad Annas, dan Ponco Sukaswanto, dengan dosen pembimbing Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D.

Anton Yudhana menyampaikan Tim SI KUDA SARPIN pada kompetisi ELCCO (Electrical and Computer Competition) 2019, mengikuti Lomba Karya Cipta Teknologi (LKCT) dari mulai pendaftaran bulan November 2018, hingga lolos abstrak pada bulan Desember 2018, masuk finalis pada bulan Januari 2019, dan menuju grand final pada tanggal 09 Februari 2019.

Peserta yang lolos Abstrak Lomba Karya Cipta Teknologi (LKCT) ada sebanyak 75 Tim yang terdiri dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Sedangkan peserta yang masuk finalis pada bulan Januari 2019 ada 11 Tim termasuk Tim SI KUDA SARPIN dari FTI UAD. Alhamdulillah pada grand final tanggal 09 Februari 2019 Tim SI KUDA SARPIN FTI UAD yang berjudul “Sistem Kursi Roda Dengan Kendali Sarung Tangan Pintar Sebagai Alat Bantu Penyandang Disabilitas”, Meraih Juara 1.
/(ns)