• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 23 Mar 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Resiko kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, kesadaran mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja menjadi sangat diperlukan. Siapa sih yang mau celaka? Tentunya tidak ada seorang pun yang mau celaka. Tetapi resiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja termasuk di lingkungan tempat kerja. Nah, Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang sering disingkat (K3) adalah salah satu peraturan pemerintah yang menjamin keselamatan dan kesehatan kita dalam bekerja. Jadi, tidak ada salahnya kita mempelajari lebih jauh mengenai K3. Addin bachtiar, S.T., merupakan alumni Teknik Kimia UAD angkatan pertama (tahun 1996). Sejak lulus tahun 2001, beliau telah bekerja di berbagai industri. Sekarang beliau bekerja di PT Adhi Karya, posisi di Legal Contract. Sabtu, 19 maret 2016 beliau datang di teknik kimia UAD berkat undangan dari Dr. Zahrul Mufrodi , S.T., M.T. (dosen teknik kimia UAD). Beliau hadir di teknik kimia UAD dalam rangka temu kangen serta mengisi acara kuliah tamu. Materi yang beliau sampaikan pada kuliah tamu itu tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau sering disebut sebagai K3.

adin 4

Addin Bachtiar, S.T.

Kuliah yang diikuti oleh mahasiswa teknik kimia FTI UAD mulai dari angkatan 2013, 2014, dan 2015 berlangsung dari jam 10.00 WIB di ruang Audit A, Kampus 3 UAD. Dalam kuliah tamu yang dibuka oleh Zahrul Mufrodi tersebut,  Addin Bachtiar menyampaikan apa itu bahaya ?, bagaimana kecelakaan kerja bisa terjadi, serta memperlihatkan beberapa video kejadian kecelakaan kerja yang terjadi di dunia industri. Mahasiswa yang memenuhi ruang Auditorium utama tersebut sangat antusias mengikuti kuliah tamu ini, dibuktikan banyak mahasiswa yang aktif menjawab beberapa pertanyaan dari beliau terutama pertanyaan tentang analisa sebuah gambar situasi ruang kerja dan mahasiswa diminta untuk menunjukkan mana saja aktivitas yang dapat menimbulkan bahaya dan kecelakaan.

Addin Juga menambahkan “ setiap orang dapat melanjutkan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien. Sebaliknya, jika tempat kerja tidak terorganisir akan menimbulkan kecelakaan kerja, banyak terdapat bahaya, kerusakan dan absen sakit tidak akan terhindarkan, hal ini akan mengakibatkan hilangnya pendapatan bagi para pekerja dan produktivitas akan berkurang bagi perusahaan. Meskipun kenyataannya, para pengusaha di seluruh dunia telah secara hati-hati menerapkan dan merencanakan strategi bisnis mereka, tetapi banyak juga yang masih mengabaikan masalah penting seperti  keselamatan, kesehatan dan kondisi kerja. Kuliah tamu berakhir pada pukul 11.30 WIB, dan beliau selalu berpesan kepada mahasiswa  untuk menjadi pribadi yang percaya diri, jangan ragu dan jangan takut salah serta jangan berhenti untuk terus belajar. Che /(ns)

adin 2 adin 1