• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 30 Okt 2015 | 0 komentar

(FTI Press) Kamis, 29 Oktober 2015 bertempat di Ruang Sidang Dekanat FTI telah diselenggarakan Open Meeting Audit Eksternal Penerapan Standart Manajemen Mutu bsi ISO 9001:2008/FS 607046 dan IWA 2/ 843015 ANAB ACCREDITED di Lingkungan Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD). Acara ini dihadiri Kartika Firdausy, S.T., M.T. (Dekan FTI), Endah Sulistiawati, S.T., M.T. (Wakil Dekan FTI), Kepala BPM UAD,Tim PSMF, Ketua Program Studi, Kepala Laboratorium serta Kepala Kantor Fakultas. Dalam Audit Eksternal tersebut bertindak sebagai auditor adalah beliau Drs. Muhammad Rosiawan, M.T. (Universitas Surabaya).

DSC_0180

Drs. Muhammad Rosiawan, M.T.

Pada pukul 09.00 dilaksanakan opening meeting oleh Kartika Firdausy, S.T., M.T. Audit Mutu Eksternal (AME) merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dengan kegiatan yang dilakukan baik di tingkat Fakultas maupun di tingkat Universitas, apalagi salah satu Program Studi yang ada di Fakultas Teknologi Industri sebentar lagi akan melaksanakan proses Akreditasi, sehingga dengan AME tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu Universitas terutama dilingkungan Fakultas Teknologi Industri yang mencakup semua Program Studi.

Sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam proses pengelolaan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008 & IWA 2, didalamnya disyaratkan untuk dilaksanakan kegiatan seperti ruang lingkup proses perkuliahan, termasuk kurikulum, sarana dan prasarana, perkuliahan, ujian, Yudisium, maupun praktikum. Muhammad Rosiawan dalam melakukan proses auditornya, beliau juga memberikan saran untuk perbaikan, supaya mutu FTI UAD tetap terjaga misalnya dengan memiliki sebuah sistem data yang terpusat, sehingga ketika suatu saat akan melakukan audit internal maupun audit eksternal serta akreditasi program studi, kita tidak akan kesulitan lagi mencari data yang kita butuhkan.

Dalam rangkaian auditornya beliau juga mengunjungi laboratorium Teknik Industri untuk melakukan audit dan sharing dengan kepala laboratorium mengenai persiapan sebelum memulai praktikum, proses praktikum, keselamatan kerja selama praktikum, hasil yang diperoleh mahasiswa selama praktikum, tugas yang diberikan mahasiswa selama praktikum, analisa tingkat kegagalan selama praktikum, produk yang dihasilkan dengan alat praktikum, dan output mahasiswa setelah melalui proses praktikum secara keseluruhan.

Proses audit AME berakhir pada pukul 15.00 WIB, dengan  AME diharapkan manajemen mutu di FTI UAD dapat dilakukan secara berkala maupun insidentil. Hal ini dimaksudkan untuk menetapkan dan memastikan aturan yang telah dijabarkan dalam klausul persyaratan ISO yang telah berjalan dengan baik dan terpenuhi unsur kontinuitasnya. Selain itu, melalui Audit Eksternal ini dapat dilihat seberapa besar efektivitas penerapan sistem manajemen mutu sehingga dapat dilakukan evaluasi secara berkala.”ungkap Choirul Bariyah, S.T., M.T. (Ketua Prodi Teknik Industri) saat mendampingi auditor di Laboratorium Terpadu Kampus 3 UAD. /(ns)

DSC_0179 DSC_0176 DSC_0172 DSC_0166

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa