• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 30 Apr 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Konferensi Facebook f8 (diucapkan “feit”) adalah sebuah kegiatan tahunan yang diadakan Facebook dan bertempat di California, Amerika. Tujuannya adalah menyatukan para Developer (programmer) dan entrepreneurs untuk berkolaborasi membangun jejaring sosial. Di F8, anggota tim Facebook dan komunitas Developer akan mengeksplorasi berbagai topik termasuk alat dan teknologi baru. Nama F8 berasal dari tradisi Facebook yang mengadakan Hackathon masal 8 jam setelah kegiatan konferensi berakhir.

hackathon (atau hackfest, atau codefest) adalah sebuah acara kolaborasi pengembangan proyek perangkat lunak. Dalam acara hackathon, biasanya para pemrogram komputer (programmer) dan orang-orang lain yang terlibat dalam pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras, termasuk desainer grafis, desainer antarmuka, dan manajer proyek berkumpul untuk menciptakan suatu perangkat lunak yang bermanfaat. Acara hackathon biasanya memiliki fokus yang spesifik, termasuk spesifik dalam hal bahasa pemrograman apa yang digunakan, menggunakna sistem operasi tertentu, aplikasi dan API tertentu, maupun target demografi pemrogram tertentu. Dalam kasus-kasus lain, hal-hal di atas tidak dibatasi oleh pihak penyelenggara. Dalam Facebook F8 Hackathon tahun ini pemenang pertama berhak mendapatkan sejumlah hadiah berupa uang senilai $15000, satu tiket masuk F8 2019, virtual meeting dengan executive facebook.

Alhamdulillah salah satu mahasiswa Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) Aulia Naufal Afif memperoleh undangan serta tiket Facebook F8 Hackathon untuk mengikuti Konferensi dan Hackathon masal 8. Saat ditemui reporter fakultas sebelum berangkat “ Aulia menyampaikan bahwa untuk akomodasi, tiket, dan penginapan selama di California Amerika, sudah ditanggung sepenuhnya olah pihak panitia Facebook F8 2018 Hackathon, jadi saya tinggal berangkat saja. Sri Winiarti, S.T., M.Cs. (ketua Program Studi Informatika) sangat mengapresiasi kepada setiap mahasiswanya yang senantiasa terus mengasah softskill, kualitas serta kemampuannya. Aulia nama panggilan akrabnya merupakan salah satu contoh mahasiswa Informatika yang patut kita apresiasi, dan InshaAllah bisa menjadi inspirasi dan juga motivasi bagi mahasiswa lainnya. /(ns)