• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 22 Feb 2021 | 0 komentar

(FTI News) Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini sulit bangkit jika pandemi Covid-19 belum berakhir, situasi pandemi telah melemahkan sektor ekonomi, bukan hanya perusahaan besar yang terdampak krisis, bahkan juga menerpa industri UMKM yang mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja. Berdasarkan kondisi tersebut, perlu ada upaya dan inovasi yang dilakukan untuk membantu para pelaku UMKM supaya bangkit dan meningkatkan kembali kegiatan usahanya agar produktivitas dan omzet secara perlahan-lahan akan kembali pulih.


Bambang Robi’in, S.T., M.T. Dosen Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) menyampaikan “bahwa pandemi Covid-19 telah memberikan dampak menurunnya pendapatan pelaku usaha dan UMKM karena adanya pembatasan aktifitas sosial yang berlaku. Disisi lain, terdapat juga pelaku usaha yang tetap dapat bertahan, bahkan pendapatannya malah cenderung meningkat. Yaitu mereka yang menjalankan usahanya dengan menerapkan strategi pemasaran online, baik melalui media sosial maupun marketplace,”

Sebagai dosen beliau melakukan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang lebih difokuskan untuk membantu masyarakat dalam berbagai persoalan yang dihadapi akibat pandemi Covid 19.

Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Prodi Teknik Informatika tersebut dengan membantu para pelaku usaha dan UMKM, melakukan program pelatihan pemasaran online melalui media sosial dan marketplace untuk pelaku usaha dan UMKM di Padukuhan Cabean, Garon, dan Ngireng-ireng Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Bantul pada tanggal 9 & 20 Februari 2021.

Pelatihan tersebut secara teknis dengan melakukan pemasaran secara online baik pada media sosial seperti facebook dan Instagram, maupun pada marketplace seperti shopee, lazada, dan tokopedia. Dengan adanya Program Pengabdian Kepada Masyarakat, dapat memberikan manfaat bagi pelaku usaha dan UMKM untuk segera bangkit dalam melakukan recovery dampak pandemi Covid-19.
/(ns)