• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 12 Nov 2015 | 0 komentar

(FTI Press) Fakultas Teknologi Industri Univesitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) semakin mengepakkan sayap untuk go international. Pada hari Kamis 12 November 2015, Kartika Firdausy, S.T., M.T. (Dekan FTI UAD) melepas delegasi FTI UAD yang akan berangkat untuk mengikuti international mobility program di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Kuala Lumpur dan Johor Bahru, Singapore Polytechnic International (SPI) , dan PT. Unisem, Batam. Delegasi yang mengikuti program tersebut terdiri dari Program Studi Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika. Tergabung dalam rombongan ini Program Studi Sistem Informasi, Fakultas MIPA.

Student Mobility 2015

Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng. (Kaprodi Teknik Elektro)  mengungkapkan ” banyak manfaat yang diharapkan bisa diperoleh mahasiswa dalam mengikuti Mobility Program ini. Di antaranya adalah mahasiswa bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris. Di samping itu mahasiswa juga akan menambah pengalaman serta saling tukar informasi agar mudah beradaptasi dengan dunia internasional. Apalagi pada tahun 2015 ini dengan dibukanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mengharuskan tenaga kerja mampu berkomunikasi global secara baik . Di samping itu juga untuk membuka cakrawala pengetahuan mahasiswa, agar nantinya mereka siap bersaing di kancah internasional.

Program yang diikuti 36 peserta ( 10 dosen dan 26 mahasiswa) ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 12 – 19 November 2015, dengan tujuan ke beberapa institusi. Di Malaysia dengan tujuan : Centre for Artificial Intelligence and Robotics (CAIRO) dan Institute of Hydrogen Economy (IHE) yang merupakan bagian dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Kuala Lumpur. Di Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Johor Bahru, akan menuju Department of Computer Science. Faculty of Computer Science and Information System; Department of Control and Mechatronics Engineering, Faculty of Electrical Engineering; Department of Chemical Engineering, Faculty of Chemical Engineering; Department of Applied Mechanics & Design dan Department of Materials, Manufacturing & Industrial Engineering, Faculty of Mechanical Engineering. Dilanjutkan ke Singapore Polytechnic International (SPI), dan akan diakhiri dengan kunjungan ke PT Unisem, Batam.

Rencana aktivitas yang akan dilaksanakan selama kunjungan tersebut adalah pembahasan implementasi Memorandum of Understanding (MoU) yang telah terjalin antara UAD-UTM. Setiap program studi telah menyiapkan usulan masing-masing, seperti: proposal joint research, MoA student exchange, dan MoA studium general/mini seminar. Di Singapore Polytechnic International, delegasi akan meninjau pelaksanaan pembelajaran berbasis CDIO (Conceive-Design-Implement-Operate) sebagai tindak lanjut workshop CDIO, yang pernah diberikan oleh SPI kepada FTI UAD ( https://fti.uad.ac.id/cetak-sarjana-teknik-berkualitas-melalui-cdio ). Sebagai tindak lanjut MoU FTI -UAD dan PT Unisem Batam tanggal 28 November 2014 lalu ( https://fti.uad.ac.id/fti-uad-jalin-kerjasama-dengan-pt-unisem-batam ), beberapa mahasiswa akan dilepas untuk melaksanakan kerja praktek, sehingga diharapkan mahasiswa dapat melihat secara langsung aplikasi teori yang telah dipelajari di bangku kuliah. Selain itu akan dilakukan pembahasan proposal joint research yang pernah ditawarkan oleh PT Unisem Batam. Semoga program ini dapat membawa manfaat bagi kemajuan masing-masing program studi dan bagi masa depan para mahasiswa, demikian pungkas Kartika Firdausy. / (ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa