• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 22 Jan 2014 | 0 komentar
Seminar Strategi Publikasi dan Pengelolaan Jurnal FTi UAD oleh Tole Sutikno

Seminar strategi publikasi dan pengelolaan jurnal FTI UAD

Salah satu sasaran mutu FTI 2015 adalah publikasi dosen dalam seminar dan jurnal nasional/ internasional  minimal 42 buah/tahun. Dalam upaya peningkatan penjaminan mutu akademik dan kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi saat ini diperlukan peningkatan atmosfir akademik melalui peningkatan kualitas penelitian dosen untuk publikasi Internasional. Upaya tersebut sangat diperlukan untuk mendorong kreativitas dosen serta meningkatkan wawasan keilmuan serta bakat meneliti sejak dini untuk membuka wawasan global dengan mencari referensi dari berbagai sumber seperti Jurnal. Sehingga pada akhirnya dapat memacu setiap dosen untuk meneliti, menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya di forum ilmiah baik jurnal maupun presentasi pada pertemuan ilmiah bertaraf Internasional. Hal tersebut tertuang dalam acara seminar dengan mengambil tema “ Strategi Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah”. Acara seminar tersebut di selenggarakan Fakultas Teknologi Industri pada hari Rabu 22 Januari 2014 bertempat di Auditorium Gedung D Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

 seminar FTI 2Foto : Peserta seminar yang diikuti dari perwakilan pengelola jurnal program studi & dosen yang ada di lingkungan UAD

Seminar pelatihan penulisan jurnal yang diikuti para pengelola jurnal Program Studi serta perwakilan dosen  di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan tersebut menghadirkan  dua narasumber yaitu Tole Sutikno, S.T., M.T. (Ketua Dewan Editor Jurnal Telkomnika UAD) dan Dr. Moch. Facta, S.T., M.T., A.P. (Universitas Diponegoro Semarang). Acara tersebut dibuka secara  simbolis oleh Wakil Rektor 1 UAD. Dalam sambutannya, Jurnal ilmiah merupakan sumber informasi utama yang paling penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Pada perkembangannya saat ini masih banyak jurnal – jurnal ilmiah yang dikelola oleh perguruan tinggi khusunya di UAD ternyata masih mengalami kesulitan untuk ditingkatkan dari jurnal nasional menjadi jurnal Internasional, hal tersebut disampaikan Dr. Muchlas, M.T. dalam pembukaan seminar yang di selenggarakan Fakultas Teknologi Industri bekerjasama dengan tim jurnal Telkomnika.

Tole sutikno selaku ketua tim jurnal Telkomnika menambahkan, bahwa untuk mengelola jurnal memang masih banyak mengalami Kendala bagi perguruan tinggi, seperti dari jurnal nasional untuk ditingkatkan menjadi jurnal Internasional. Salah satu kendala yang dihadapi terutama di kualitas dan pembiayaan. Salah satu cara agar jurnal nasional mendapatkan pengakuan dunia sebagai jurnal bereputasi International adalah dengan mendaftarkan jurnal tersebut ke indeks Scopus. Tujuan publikasi Internasional diantaranya adalah untuk menjalin kerjasama dengan peneliti serta mitra yang ada di luar negeri, untuk meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi dosen Ungkap Dr. Moch. Facta.

 Seminar FTI 3Foto : Sesi tanya jawab antara peserta seminar

Hasil capaian dari seminar ini diharapkan bisa melahirkan  penulis – penulis yang handal dan berkualitas dengan mewujudkan akuntabilitas penelitian dosen, untuk meningkatkan kemampuan serta budaya meneliti, menulis, dan publikasi jurnal. Jurnal Program Studi Teknik Elektro yang terakreditasi dan bertaraf Internasional yang ada di UAD seperti Telkomnika bisa menjadi percontohan untuk membina Jurnal Program Studi yang belum terakreditasi serta mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal yang bertaraf internasional.

(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa