• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 31 Mei 2014 | 0 komentar

(FTI Press) Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas Soft Skill dan Hard Skill serta membekali  jiwa wirausaha  kepada mahasiswa sesuai dengan visi dan misi Fakultas Teknologi Industri UAD. Selama 3 hari (27-29/05/2014) Fakultas Teknologi Industri  melakukan studi banding ke- Surabaya tepatnya di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Universitas Ciputra Surabaya. Dalam studi banding ke Surabaya ini rombongan  FTI sebanyak 44 orang yang terdiri dari 17 akademik, 8 staf non akademik serta 19 mahasiswa dari gabungan Badan Execitive Mahasiswa, Study Club dan Himpunan Mahasiswa FTI.

Studi Banding FTI UAD di PENS Surabaya

 Bertukar pikiran sekaligus mempelajari dan menambah wawasan serta mengembangkan kemampuan” merupakan tujuan utama dari studi banding kali ini. Studi banding pertama kali berlangsung di Kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Rombongan Fakultas Teknologi Industri ditermia langsung oleh Wakil Direktur 1 bidang akademik Dr. Ir. Rusminto Tjatur Widodo serta Wakil Direktur III bidang kemahasiswaan Dr.Indra Adji Sulistijono, S.T., M.Eng. Dalam ruangan yang sejuk dan nyaman rombongan mendapat penjelasan lengkap tentang gambaran lingkungan kampus PENS, penerapan Soft Skill dan Hard Skill yang diterapkan kepada seluruh civitas PENS dengan narasumber Dr. Rusminto.Beliau juga menambahkan untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif pihak PENS sendiri menerapkan kedisiplinan dari hal yang terkecil, sehingga penanaman kedisiplinan tersebut bisa mengakar sampai mahasiswa lulus serta terjun di dunia kerja. Dalam kesempatan ini pihak Fakultas Teknologi Industri juga melakukan tanya jawab kepada Wakil Direktur bidang III tentang peraturan tata tertib yang baku serta pembinaan mahasiswa untuk menghasilkan suatu prestasi akademik maupun non akademik. Acara kunjungan di PENS diakhiri dengan penyerahan Cinderamata dari UAD yang diwakili oleh Dekan FTI Kartika Firdausy, S.T., M.T.

Dalam kunjungan kedua Fakultas Teknologi Industri menyambangi Universitas Ciputra, di kampus yang hijau dan sangat luas tepatnya di UC Town, Citraland Surabaya Jawa Timur, rombongan diterma dengan sangat santun dan ramah. Rombongan UAD  diterima langsung oleh Rektor Ciputra Ir. Tony Antonio, M.Eng., Dekan Fakultas Entrepreneurship dan Humaniora Ciputra Johan Hasan, M.Kom., M.Hum., serta Head of Information Technology Departement Trianggoro Wiradinata. Dalam kunjungan kali ini pihak Ciputra  memaparkan tentang Entrepreneurship yang diterapkan kepada mahasiswa Ciputra oleh Bapak Johan Hasan. Lebih lanjut Johan Hasan menjelaskan matakuliah entrepreneurship merupakan matakuliah wajib yang diambil selama 5 semester. Sebaran matakuliah (kurikulum) entrepreneur semester 1-5 di Universitas Ciputra adalah : Semester 1-3 : Basic entrepreneur, develop entrepreneurial mindset, basic skills dan semester 4-5 : international entrepreneur, innovation.

Entrepreneurship tidak hanya bisa diajarkan melalui teori saja, tapi juga harus dipraktekkan, seperti di Ciputra sendiri yang menerapkansistem pembelajaran entrepreneurship rabuan, yang menghadirkan juri serta praktisi di bidang wirausaha. Beliau juga bercerita tentang cita-cita Dr. Ir. Ciputra atau akrab dipanggil Pak Ci, yang berharap Indonesia benar-benar menjadi negara entrepreneur dengan menciptakan 4 juta entrepreneur baru dalam waktu 25 tahun. Entrepreneur itu bisa mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas “ Dr.(HC) Ir. Ciputra.” Semakin berat masalah yang dihadapi akan semakin besar peluang yang akan didapat, begitu pula lahan yang tandus bisa kita ubah menjadi lahan yang produktif dan menghasilkan. Tentunya  hal tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan dan memerlukan proses serta  waktu yang tidak singkat, karena entrepreneur sejati tidak bisa diciptakan secara instan. Pak Ci pun menyadari hal itu, oleh karena itu selain mendirikan program pendidikan entrepreneur, pak Ci juga mengirimkan tenaga ahlinya (dosen & staff ahli) untuk memberikan ilmunya ke Universitas lain. Motto Universitas Ciputra adalah “To be a great impact to the nation by being a university that creates entrepreneurs with excellent character”

Penghujung acara Rektor Ciputra menyampaikan penghargaan atas kunjungan Fakultas Teknologi Industri UAD, semoga ajang silaturahmi ini bisa menjalin kerjasama dan saling tukar informasi antara kedua institusi perguruan tinggi serta bisa meningkatkan kerjasama yang lebih intensif. Dalam studi banding ke Surabaya kali ini semoga menghasilkan yang terbaik guna membentuk karakter dosen, staf karyawan, mahasiswa yang memiliki Soft Skill dan Hard Skill serta membekali jiwa wirausaha mahasiswa sesuai dengan visi Fakultas Teknologi Industri menjadi fakultas unggulan dalam bidang technopreneurship  yang bertaraf internasional dengan berbasis keislaman, agar menghasilkan lulusan yang terbaik, “tutur Kartika Firdausy, S.T., M.T./ (ns)

Studi Banding FTI UAD di PENS Surabaya

Suasana Diskusi di PENS Surabaya

Studi Banding FTI UAD di PENS Surabaya

Penyerahan Cinderamata oleh Dekan FTI UAD kepada Pembantu Direktur III PENS

Studi Banding FTI UAD di Universitas Ciputra Surabaya

Foto Bersama di universitas Ciputra Surabaya

Studi Banding FTI UAD di Universitas Ciputra Surabaya

Suasana Diskusi di Universitas Ciputra Surabaya

Studi Banding FTI UAD di Universitas Ciputra Surabaya

Penyerahan Cinderamata oleh Dekan Entrepreneurship dan Humaniora Ciputra kepada Dekan FTI UAD

 

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa