• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 19 Sep 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Jika Anda berminat untuk kuliah di luar negeri, Anda perlu mempertimbangkan untuk kuliah di negara Jepang. Saat ini Jepang memang menjadi negara pilihan pelajar dari berbagai negara di dunia untuk melanjutkan studi, termasuk juga pelajar Indonesia. Kemajuan teknologi industri dan inovasi dalam ilmu pengetahuan menjadi daya tarik utama tersendiri. Hal tersebut tidak terlepas dari inovasi  pemerintah Jepang dengan sejumlah perguruan tinggi yang terus melakukan perbaikan agar lebih banyak pelajar atau mahasiswa internasional yang bisa belajar di negara matahari terbit. Selain itu, anggapan tentang biaya kuliah di Jepang yang mahal tidak sepenuhnya benar. Untuk biaya hidup, Jepang memang bisa dikatakan cukup mahal dibandingkan negara lainnya. Namun, untuk biaya kuliah, Jepang relatif sama dengan negara lain, bahkan cenderung lebih murah dibandingkan dengan di Amerika atau Eropa, seperti Inggris.  Negara jepang bisa dikatakan surganya bagi para peneliti, banyak sekali kampus yang memberikan kemudahan serta fasilitas laboratorium yang sangat membantu bagi para peneliti” Hal tersebut disampaikan Ir. Muhammad Kunta Biddinika, M.Eng., D.Eng. (Tokyo Institute of Teknology Jepang), dalam acara kuliah tamu pengantar penelitian.

ir-muhammad-kunta-biddinika-m-eng-d-eng-1

Dengan mengambil tema “ Meneliti Dengan Sepenuh Hati” kuliah tamu yang berlangsung pada hari kamis 15 September 2016 di Auditorium Kampus 3 UAD, diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Kimia dan mahasiswa MTI S2. Hadir pada kuliah tamu Dr. Zahrul Mufrodhi, M.T. dan Sunardi, S.T., M.T., Ph.D. Meneliti dengan sepenuh hati “ wajib bagi mahasiswa terutama bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian maupun mahasiswa yang akan mengambil studi lanjut keluar negri. Dalam kesempatan tersebut beliau lebih banyak melakukan sharing dengan peserta, dengan harapan interaksi akan muncul saat pemateri menyampaikan materi yang sangat menarik tersebut.

ir-muhammad-kunta-biddinika-m-eng-d-eng-10

Zahrul Mufrodhi (Dosen Pengampu Matakuliah Pengantar Penelitian) saat ditemui reporter fakultas menyampaikan harapan diselenggarakan acara kuliah tamu ini “ bagi mahasiswa Teknik kimia yang sedang mengambil matakuliah pengantar penelitian, kuliah tamu ini wajib diikuti, karena mahasiswa akan mempunyai modal dasar serta gambaran untuk mengetahui dan memahami tahap-tahap penelitian. Dari gambaran yang diberikan Ir. Muhammad Kunta Biddinika, M.Eng., D.Eng,tersebut  bisa kita tarik kesimpulan bahwa sebagai peneliti, alangkah baiknya kita harus mengetahui pengertian dari penelitian sebelum mengetahui tahap-tahap penelitian. / (ns)