• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 18 Jun 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri UAD menerima kunjungan dari Telkom University. Kunjungan yang dilakukan pada hari Jumat 17 Juni 2016 tersebut , melakukan agenda studi banding terutama kepada Tim pengelola jurnal Telkomnika. Dalam studi banding ini rombongan yang terdiri dari enam dosen tersebut berkesempatan untuk mempelajari tentang pengelolaan dan publikasi jurnal Telkomnika Internasional Universitas Ahmad Dahlan. Rombongan  dari Telkom University terdiri dari Soni Fajar Surya Gumilang, S.T, M.T., Muhammad Azani Hasibuan S.Kom., M.T.I., Nurdinintya Athari Supratman, S.Si, M.T., Nia Ambarsari, S.Si., M.T., Sari Wulandari, S.T., M.T., dan Nopendri, S.Si., M.Si., rombongan tersebut diterima langsung oleh Wakil Rektor III UAD  Dr. Abdul Fadlil, M.T., Editor in Chief Telkomnika Tole Sutikno, S.T., M.T., Ph.D. dan pengelola jurnal Telkomnika Dr. Anton Yudhana, M.T., serta Son Ali Akbar, S.T., M.Eng.

kunjungan telkom university (2)

Jurnal Telkomnika UAD sendiri terbit pertama kali pada bulan Desember 2003 oleh Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri UAD. Saat ini, Telkomnika telah menerbitkan lebih dari 1.000 artikel. Tahun 2007-2010, semua naskah diterbitkan dalam dua bahasa yakni Indonesia dan Inggris. Namun sejak edisi Desember 2010, semua naskah diterbitkan dalam bahasa Inggris. Penerbitan jurnal tersebut di pelopori oleh Editor in Chief Telkomnika Tole Sutikno, S.T., M.T., Ph.D.

kunjungan telkom university (4)

Dalam sambutannya Anton Yudhana menjelaskan tentang  sejarah Telkomnika. TELKOMNIKA (Telekomunikasi, Komputasi, Elektronika dan Pengendalian) adalah peer review Jurnal Internasional dalam bahasa Inggris. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan yang beredar terbaru di bidang teknik listrik. Ruang lingkup meliputi aplikasi Telekomunikasi dan Informasi Teknologi, Terapan Computing dan Komputer, Instrumentasi dan Kontrol, Listrik (Power), dan Teknik Elektronika. Sebagai jurnal internasional, Telkomnika UAD sudah masuk dalam indeks Scopus, lembaga pengindeks yang mengevaluasi kinerja atau kualitas jurnal ilmiah tingkat internasional.  Saat ini jurnal ilmiah Telkomnika  UAD menjadi jurnal internasional pertama yang dimiliki perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia.

kunjungan telkom university (3)

Ditambahkan pula oleh Tole Sutikno, S.T., M.T., Ph.D., apabila dosen melakukan penelitian harus memiliki pandangan jurnal yang berkualitas, apakah artinya apabila penelitian akademisi tanpa publikasi lewat jurnal ilmiah. Saat ini artikel yang diterbitkan  oleh jurnal Telkomnika berkaitan dengan bidang teknik elektro, komputer dan informatika. “Jurnal ini juga telah dibaca dari kalangan edukatif  mulai dari akademisi dan peneliti, baik mahasiswa S1, S2 S3, dosen, peneliti, pustakawan serta pemerhati pendidikan. Tole Sutikno, S.T., M.T., Ph.D. merupakan editor in-chief jurnal Telkomnika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, selain itu beliau juga mengelola International Journal of Power Electronics and Drive Systems, dan International Journal of Electrical and Computer Engineering. Ketiga jurnal yang dikelola tersebut semuanya sudah terindeks Scopus.

(ns)