• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 09 Apr 2015 | 0 komentar

(FTI Press) Alhamdulillah, kebersamaan dosen FTI UAD dalam upaya memperbaiki bacaan Al Qur’an di hari Kamis rutin diselenggarakan setiap minggunya di ruang sidang dekanat FTI kampus 3 UAD. Kegiatan ini bertujuan memperbaiki dan memperindah bacaan Al Quran. Tahsin tilawah Al Qur’an bermakna “memperbaiki cara membaca Al-Qur’an”, yaitu cara membaca Al-Qur’an yang salah harus diperbaiki sesuai dengan cara yang Rasulullah ajarkan. Targetnya adalah agar benar pengucapan hurufnya, tepat ukuran madnya, pas dalam berwaqaf, dan memperindahnya dengan menyempurnakan ghunnah serta tafkhim-tarqiq.

kegiatan Tahsin (6) kegiatan Tahsin (2)

Di bawah bimbingan Ustadz H. Darwin Rangkuti, S.Ag., pembinaan tahsin tilawah juga mempelajari bacaan tartil membaca dengan jelas dan tidak terburu-buru, serta sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Ustad Darwin akan memberikan penjelasan makna yang terkandung dalam setiap ayat Al Qur’an yang dibaca.  Al Qur’an sebagai wahyu dari Allah swt yang diturunkan kepada Baginda Rasulullah Muhammad saw, menjadi pedoman bagi setiap umat manusia. Salah satu keistimewaan Al Qur’an adalah diberikan pahala bagi orang yang membacanya. Ibnu Mas’ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al Qur’an ), ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10 kali ganjaran (pahala).

Pada hari Kamis 9 April 2015, kegiatan tahsin tilawah dosen FTI UAD sudah mengkhatamkan Al Quran. Kebersamaan selama bertadarus dan bermunajat setiap hari Kamis tersebut ditutup dengan doa serta tasyakuran.

“Ya Allah rahmatilah kami dengan Al Qur’an, jadikanlah Al Qur’an bagi kami sebagai panutan, cahaya, petunjuk dan rahmat. Ya Allah ingatkan-lah kami andaikan terlupa dari ayat-ayat Al Qur’an, ajarkan kami dari padanya yang kami belum tahu, karuniakanlah kami untuk bisa membaca Al Qur’an di tengah malam dan siang hari, jadikanlah Al Qur’an bagi kami sebagai pedoman, wahai Tuhan semesta alam”.

Tahsin tilawah Al Qur’an semakin mempererat ikatan silaturahmi dengan mempelajari ilmu karena Allah. Kegiatan ini insyaAllah terus berlanjut di hari Kamis setiap minggunya mulai pukul 08.30-10.30 wib dan tidak hanya diikuti oleh dosen FTI UAD. Dalam hadis Rasulullah saw disampaikan bahwa salah satu yang dapat memberi syafaat pada hari kiamat nanti adalah Al-Quran.“Bacalah Al Quran, karena ia datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya”. (HR.Muslim). “Bacalah Al Quran, sesungguhnya ia adalah pemberi syafaat dan dapat dimintai syafaatnya. Ia adalah saksi yang dibenarkan. Dan sesungguhnya tiap ayat darinya akan menjadi cahaya pada hari kiamat…..” (HR. Baihaqi). Semoga kita bisa menjadi salah satu manusia yang dapat memperoleh syafaat tersebut. Aamiin… /(ns)

kegiatan Tahsin (3) kegiatan Tahsin (4) kegiatan Tahsin (5) kegiatan Tahsin (1)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa