• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 13 Okt 2018 | 0 komentar

(FTI UAD) Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) pada hari Sabtu 13 Oktober 2018 Menyelenggarakan pelatihan pembimbingan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk dosen. Bimbingan PKM untuk dosen ini menghadirkan nara sumber utama Prof. Andri Cahyo Kumoro, S.T., M.T., Ph.D. dari Teknik Kimia Universitas Diponegoro. Beliau dalam beberapa tahun ini telah sukses mengantarkan mahasiswa bimbingannya meraih prestasi PIMNAS. Bimbingan pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini selain diikuti dari dosen Teknik Kimia juga diikuti perwakilan dosen dari program Studi di ligkungan FTI UAD, yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Elektro, dan Program Studi Teknologi Pangan.

Menurut Prof. Andri Cahyo Kumoro, sebagai pembimbing PKM harus mengetahui motivasi dari mahasiswa itu sendiri mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebelum membentuk sebuah tim yang solid. Motivasi tersebut seperti mengikuti PKM apakah hanya untuk memperoleh uang, apakah dalam rangka belajar atau (regenerasi), apakah hanya sebagai pelengkap dalam sebuah tim, apakah ada motivasi lainya, atau motivasi untuk meraih prestasi.

Pembimbing juga harus mengenali berbagai tipe mahasiswa seperti tipe seorang mahasiswa yang mempunyai banyak ide dan mahasiswa yang kurang memiliki ide. Tugas pembimbing bagi mahasiswa yang mempunyai banyak ide yaitu mengarahkan mahasiswa tersebut agar lebih fokus, sebab pada umumnya dengan banyak ide menjadikan kegiatan mahasiswa tidak fokus. Peran dosen mengarahkan mahasiswa agar bergabung dengan teman lain yang memiliki ide dan berusaha untuk berkomitmen terhadap kerja tim dan seluruh anggota kelompok. Dan yang terpenting adalah pembimbing harus jeli dalam hal Format dan administrasi Program, Kemitraan , Program (ketepatan isi proposal), dan Kreativitas.

Dr. Erna Astuti, S.T., M.T., Ph.D. menyampaikan “dalam acara tukar pengalaman bimbingan PKM ini diharapkan peran dosen yang ada dilingkungan FTI UAD, menjadi pembimbing yang memotivasi, mengarahkan, dan membimbing dengan sepenuh hati supaya mahasiswa bimbingannya tersebut bisa menembus PIMNAS. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa