• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 22 Sep 2015 | 0 komentar

(FTI Press) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sering tidak lolos seleksi karena ketidaklengkapan administrasi atau ketidakpatuhan pada pedoman PKM. Untuk mematangkan persiapan menuju PKM 2015 dan PIMNAS 2016 Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan Lokakarya Dosen Pendamping Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan menghadirkan narasumber Dr. Eng. Herianto, S.T., M.Eng. (Jurusan Teknik Mesin dan Industri, FT-UGM). Acara yang berlangsung pada hari Senin 14 September 2015, diikuti sebanyak 20 dosen pembimbing PKM dari 4 Program Studi Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Elektro.

DSC_0144

Dr. Eng. Herianto, S.T., M.Eng.

Dr. Eng. Herianto, S.T., M.Eng memaparkan tentang Evaluasi proposal yang peru dilakukan dalam dua tahap, yaitu pra-evaluasi dan desk evaluasi. Praevaluasi dilakukan oleh penilai untuk ditentukan lolos tidaknya mengikuti tahap desk evaluasi. Dalam melakukan pra-evaluasi, penilai akan menitikberatkan pada aspek-aspek kesesuaian persyaratan administrasi wajib (tanggal-bulan-tahun proposal, tandatangan pengusul-dosen pembimbing-tandatangan ketua dan cap lembaga PT, biodata yang ditandatangani, jumlah dan nomor halaman, surat pernyataan ketua pelaksana atau mitra untuk PKM-T dan PKM-M, dan lain-lain), format Proposal dan penulisan, kesesuaian program yang diajukan dengan bidang PKM yang dipilih, dan tingkat kreativitas proposal (hindari pengulangan topik, perhatikan bobot tantangan intelektual). Setiap proposal yang lolos pra-evaluasi selanjutnya dinilai oleh tim.

DSC_0142Ditambahkan pula PKM merupakan krativitas yang berperan untuk mendapatkan ide baru dan inovasi yang berperan untuk merealisasikan ide baru tersebut untuk menjadi produk riil sesuai dengan disiplin ilmunya, “ungkap Pria kelahiran Brebes yang telah mengantarkan mahasiswanya untuk lolos PKM dan meraih emas dari tahun 2010 sampai tahun 2015. Harapan diselenggarakan acara lokakarya ini yaitu menyiapkan peran dosen pembimbing PKM untuk mendukung lolosnya proposal PKM, sehingga dosen juga perlu mengetahui kiat dalam pembimbingan penyusunan proposal mahasiswa untuk mengulang sukses FTI UAD meraih emas PIMNAS pada tahun 2012. /(ns)