• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 29 Des 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) di penghujung tahun 2016 melaksanakan program kerja dengan menyelenggarakan ADRC 2016 (Ahmad Dahlan Robotic Competition) yang dilaksanakan di Kampus IV Jl. Kolektor Ringroad Selatan Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta tepatnya di Aula Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan. Kompetisi ini diselenggarakan pada tanggal 27 Desember 2016, yang diikuti oleh SMA/SMK sederajat tingkat Nasional. ADRC 2016 merupakan salah satu event bergengsi yang sudah dinanti para pelajar SMA/SMK se Indonesia yang menggeluti dunia robotika. Pada ADRC 2016 kali ini tidak hanya menyelengarakan lomba Line Follower saja, melainkan ditambah dengan satu kategori lomba yaitu lomba Robot Sumo. Tahun 2016 ini, ADRC UAD mendapatkan peserta Line Follower sebanyak 51 tim dimana peserta terjauh yang ikut berpartisipasi pada acara ini berasal dari SMA Global Islamic Boarding School, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kemudian untuk lomba robot sumo total tim yang ikut berpartisipasi ialah sebanyak 38 tim.

img_20161228_150911
Kompetisi yang diselenggarakan pada hari Selasa tersebut sangatlah meriah, terbukti banyak siswa-siswi SMA/SMK yang mengikuti kompetisi ADRC 2016 ini dengan jumlah peserta secara keseluruhan yaitu 267 peserta, terdiri dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK se-Indonesia. Kompetisi ADRC 2016 dibuka secara resmi oleh Dr. Abdul Fadlil, M.T. (Wakil Rektor III) Universitas Ahmad Dahlan.
ADRC diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) UAD. Ketua panitia, Muhammad Iqbalul Faiq Hatta menerangkan, bahwa kegiatan ADRC ini adalah yang kelima kalinya dan didukung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Walikota Yogyakarta. Salah satu tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut, kata Faiq, adalah berbagi ilmu kepada orang lain. “semakin sering berbagi ilmu, maka semakin bertambah ilmu yang didapatkan. ADRC 2016 kompetisi yang rutin digelar oleh HMTE merupakan kompetisi Robot Line Follower dan Robot Sumo tingkat Pelajar SD, SMP,SMA/SMK se-Indonesia yang bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa-siswa dalam berkarya kususnya dalam bidang Teknologi & Robotic. Dengan demikian perkembangan robotik khususnya di Indonesia akan semakin berkembang dan persaingan semakin ketat serta teknologi robotika setiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun juga akan mengalami perubahan yang semakin pesat.
Universitas Ahmad Dahlan melalui Dr. Abdul Fadlil, M.T. (Wakil Rektor III) memberi ucapan selamat kepada seluruh tim yang sudah bertanding untuk meraih prestasi di ajang kompetisi ADRC 2016 tersebut. Kepada tim yang belum mendapatkan prestasi jangan berkecil hati kalian masih bisa belajar, mengasah kemampuan diajang ADRC Tahun 2017. Apresiasi juga kami sampaikan kepada seluruh panitia ADRC 2016 dan Alumni Teknik Elektro yang telah bekerja keras untuk menyukseskan dan menyelenggarakan kompetisi ADRC 2016 yang berskala Nasional tersebut.

Berikut ini adalah daftar nama pemenang Ahmad Dahlan Robotic Competition 2016 :

Robot Sumo
Juara Tim Instansi Nama Peserta 1 Nama Peserta 2
1 Khalid SD Unggulan Aisyiyah Bantul Isa Mumtaz Ayatulhakim Muhammad Fauzan Hidayat
2 Umar SD Unggulan Aisyiyah Bantul Brilliant Panuntun Karim Radiant Ayunindya Kamilia
3 Platinum Nyetrum Z SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Nafian Falah Akbar M. Rafa Farel
4 Elang Jawa SD Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta Muhammad Dhesta Safran Purnawan Ahmad Ghiroh Juang Bakrani
Best Design Nitibot X SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta Suryo Damar Panuluh Rafid Irsyad Fadhlurrahman
Line Folower
Juara Tim Instansi Nama Peserta 1 Nama Peserta 2
1 Platinum Ichico SMP Muhammadiyah 3 depok Enrico Olivian Maricar
2 Aring SMA Al-Azhar 9 Yogyakarta Randhe Agung Lanang Wijaya Adhyasta Ananta Pradana
3 Ichibot PGA 01 SMK Muhammadiyah 1 Bantul Budy Hartoyo Miftah Danuri Latif
4 Ichibot FF SMK Negeri 2 Yogyakarta Fardiansyah Nur Aziz Furqon Nirwansyah
Best Design Aring SMA Al-Azhar 9 Yogyakarta Randhe Agung Lanang Wijaya Adhyasta Ananta Pradana

Selamat kepada para pemenang Ahmad Dahlan Robotic Competition 2016, dan terimakasih banyak kepada seluruh peserta ADRC 2016 serta seluruh pihak yang turut mendukung kegiatan ini. Sampai jumpa tahun depan di ADRC 2017. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa