• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 30 Des 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) di penghujung tahun 2017 melaksanakan program kerja dengan menyelenggarakan ADRC 2017 (Ahmad Dahlan Robotic Competition) yang merupakan rangkaian acara Tdays #7 dan dilaksanakan di Gedung Basiyo XT Square Jl. Veteran No. 150-151 Umbulharjo Yogyakarta. Kompetisi ini diselenggarakan pada tanggal 27 Desember 2017, yang diikuti oleh SD, SMP, SMA/SMK sederajat tingkat Nasional. ADRC 2017 merupakan salah satu event bergengsi yang sudah dinanti para pelajar SD,SMP, SMA/SMK se Indonesia yang menggeluti dunia robotika. Tahun 2017 ini, Ada 2 kategori perlombaan yang diadakan pada ADRC 2017 ini, yaitu kategori Robot Sumo untuk jenjang SD-SMP/Sederajat dan Line Follower untuk jenjang SMP-SMA/Sederajat. Pelaksanaan pada tahun ini berlangsung cukup meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Total jumlah tim yang berpartisipasi dalam kategori line follower adalah berjumlah 75 tim dimana peserta terjauh berasal dari SMP Xaverius Maria Palembang dan SMA Global Islamic Boarding School Banjarmasin. Kemudian untuk kategori robot sumo total tim yang berpartisipasi adalah berjumlah 47 tim. Pelaksanaan lomba mulai dari pukul 06.30 WIB hingga 22.00 WIB.

Kompetisi yang diselenggarakan pada hari Rabu tersebut sangatlah meriah, terbukti banyak siswa-siswi SMA/SMK yang mengikuti kompetisi ADRC 2017 ini dengan jumlah peserta secara keseluruhan yaitu 122 TIM, terdiri dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK se-Indonesia. Kompetisi ADRC 2017 dibuka secara resmi oleh Dr. Abdul Fadlil, M.T. (Wakil Rektor III) Universitas Ahmad Dahlan.
ADRC diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) UAD. Pihak panitia, menerangkan, bahwa kegiatan ADRC ini adalah yang keenam kalinya dan didukung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Walikota Yogyakarta. Salah satu tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut, adalah berbagi ilmu kepada orang lain. “semakin sering berbagi ilmu, maka semakin bertambah ilmu yang didapatkan.

ADRC 2017 kompetisi yang rutin digelar oleh HMTE merupakan kompetisi Robot Line Follower dan Robot Sumo tingkat Pelajar SD, SMP,SMA/SMK se-Indonesia yang bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa-siswa dalam berkarya kususnya dalam bidang Teknologi & Robotic. Dengan demikian perkembangan robotik khususnya di Indonesia akan semakin berkembang dan persaingan semakin ketat serta teknologi robotika setiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun juga akan mengalami perubahan yang semakin pesat. Universitas Ahmad Dahlan melalui Dr. Abdul Fadlil, M.T. (Wakil Rektor III) memberi ucapan selamat kepada seluruh tim yang sudah bertanding untuk meraih prestasi di ajang kompetisi ADRC 2017 tersebut. Kepada tim yang belum mendapatkan prestasi jangan berkecil hati kalian masih bisa belajar, mengasah kemampuan diajang ADRC Tahun 2018.

Apresiasi juga kami sampaikan kepada seluruh panitia ADRC 2017 dan Alumni Teknik Elektro yang telah bekerja keras untuk menyukseskan dan menyelenggarakan kompetisi ADRC 2017 yang berskala Nasional tersebut, dan pertama kalinya ADRC 2017 bersinergi dengan “Technology Days” . Sekali lagi Selamat kepada para pemenang Ahmad Dahlan Robotic Competition 2017 dan terimakasih banyak kepada seluruh peserta ADRC 2017 serta seluruh pihak yang turut mendukung kegiatan ini. Sampai jumpa tahun depan di ADRC 2018  Ungkap “ Endah Sulistiawati, S.T., M.T. (Wakil Dekan FTI UAD).

Kategori Robot Sumo
Juara Nama Tim Nama Sekolah Peserta 1 Peserta 2
1 SUMO Muha 1 SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta Muhammad Favian A. Sokya Karmakayana V.L.M
2 TISTRIKE WARFACTION SMP N 6 YOGYAKARTA Ahmad Baikuni P. B. Hafidz Kalyana
3 Platinum G-Micin SMP Muhamadiyah 3 Depok Arsy Muhammad Rafi H. Arfilino Novian Putra A.
4 Elang jawa 01 SD Muhammadiyah Karangwaru Ahmad Ghiroh Juang Bakrani Andra Ikhsan Raditya
Pertahanan Terbaik Bantul 4 SD Muhammmadiyah Bantul Kota Yumna Ulayya Fauziah Anwar
Strategi Terbaik Maria C SMP Xaverius Maria Palembang Nabila Khofifah Syarani Karen Leoni Aritonang
Inovasi Terbaik Ayo Sholad SMP IT Syuhada Farrel Zhafif K.
Desain Terbaik Lucky Jr SD Muhammadiyah Sawangan Fahish Huwaida Abdillah Ferdiansyah Santosa

 

Kategori Line Follower
Juara Nama Tim Nama Sekolah Peserta 1 Peserta 2
1 ICHIbot 01 SMK N 2 YOGYAKARTA Krisnan Prabandaru
2 PANZER 129 SMK N 3 YOGYAKARTA Ananda Faisal Ibrahim Saipul Anwar
3 Platinum ICHIDETA SMP Muhammadiyah 3 Depok M.Iqbal Daniswara
4 BAL BALIK ICHIBOT SMK N 2 YOGYAKARTA Yetik Dwi Suryaningsih Robertus Adi Setyawan
Desain Terbaik PANZER X SMP N 4 BANGUNTAPAN Dimas Aji Trio S. Affan Hasanudin

/(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa