• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 29 Jun 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Minyak bumi dan gas alam (Migas) di Indonesia menjadi bahan sumber energi utama di Indonesia, sentralisasi energi telah menjadi tujuan utama dalam pembangunan. Indonesia negara yang kaya akan sumber energi, sehingga pengembangan energi harus dilakukan seoptimal mungkin. Pemenuhan konsumsi energi Indonesia kedepannya membutuhkan peningkatan pemanfaatan semua potensi yang tersedia dengan pola pengembangan dan efisiensi yang berbeda dengan sebelumnya. Saat ini pemenuhan kebutuhan energi Indonesia masih berasal dari sektor Migas Sementara itu, kondisi cadangan Migas Indonesia sudah memasuki masa kritis.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Maizar Rahman (Mantan Acting Secretary General and Governor of OPEC) pada acara kuliah umum Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) yang berlangsung pada hari Sabtu, 29 Juni 2019 di Ruang Sidang Islamic Center Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan. Kuliah umum yang diikuti ratusan mahasiswa dan dosen. Kuliah umum tersebut mengambil tema “Masa Depan dan Tantangan Industri Migas dan Energi, Nasional dan Global”.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Prof. Dr. Maizar Rahman menambahkan tantangan utama dalam sub sektor migas ada pada kebijakan, usaha inti serta kaidah keteknikan dan lingkungan. Tantangan energi Indonesia diantaranya : Produksi minyak terus menurun, peningkatan konsumsi makin besar, Impor minyak bumi makin besar, Cadangan penyangga energi belum tersedia, Kegiatan eksplorasi migas rendah dan keberhasilan penemuan baru rendah, iklim investasi kurang kondusif, Energi baru belum berkembang dengan baik, Kurangnya infrastruktur energi, Efisiensi pemakaian energi rendah, dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan masih rendah.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Interaksi antara narasumber dan peserta berjalan sangat baik, terbukti dengan antusiasnya peserta kepada narasumber untuk bertanya tentang materi kuliah umum tersebut. Moderator pada kuliah umum ini adalah Dr.Ing. Suhendra, M.Sc. (Dosen Teknik Kimia FTI UAD).

/(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa