• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 18 Okt 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Dalam teknik listrik, konverter DC ke DC adalah kategori konverter daya dan ini adalah rangkaian listrik yang mengubah sumber arus searah (DC) dari satu tingkat tegangan ke tingkat yang lain, dengan menyimpan energi masukan untuk sementara dan kemudian melepaskan energi tersebut ke output pada tegangan yang berbeda. Penyimpanan dapat berupa komponen penyimpanan medan magnet (induktor, transformator) atau komponen penyimpan medan listrik (kapasitor). Konverter DC / DC dapat dirancang untuk mentransfer daya hanya dalam satu arah, dari input ke output. Namun, hampir semua topologi konverter DC / DC bisa dibuat bi-directional. Konverter bi-directional dapat memindahkan daya ke kedua arah, yang berguna pada aplikasi yang membutuhkan pengereman regeneratif.

Uraian diatas tadi disampaikan oleh Prof. Dr. Ahmad Saudi Samosir dari Universitas Lampung (UNILA) dalam acara kuliah umum dengan tema “DC-DC Converters for Electric Vehicles (Konveter DC-DC untuk Mobil Listrik). Kuliah umum yang berlangsung di ruang 320 Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan dimulai pukul 13.00 Wib. Kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Elektro yang mengambil matakuliah Elektronika Daya dengan dosen pengampu Assoc. Prof. Tole Sutikno, S.T., M.T., Ph.D., MIET

Tujuan kuliah umum ini diselenggarakan disamping untuk menambah wawasan baru dan ilmu pengetahuan tentang matakuliah Elektronika Daya, juga mendapatkan pengalaman dan ilmu pengetahuan baru tentang konveter DC-DC yang digunakan pada mobil listrik). /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa