• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 07 Jan 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Kerja di pengeboran minyak merupakan idaman atau pekerjaan yang bisa disebut “keren” karena kerja di rig lepas pantai, naik turun helikopter, pakaian dengan lumuran oli serta gaji yang menarik, salah satu pekerjaan ini merupakan cita –cita setiap orang tentunya termasuk mahasiswa Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan. “ Ungkap Juniriko Putra, S.T. saat mengisi kuliah umum pada hari Sabtu 07 Januari 2017 di Gedung D Auditorium Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan. Kuliah umum yang di pandu oleh moderator Ir. Tri Budiyanto, M.T., tersebut dihadiri seluruh dosen Program Studi Teknik Industri dan mahasiswa dari lintas angkatan. Sebelumnya acara dibuka oleh Ketua Program Studi Teknik Indusri Annie Purwani, S.T.P., M.T.

dsc_0477

Juniriko Putra, S.T.

Juniriko Putra, S.T. yang merupakan alumni Teknik Industri lulus pada tahun 2005 tersebut, saat ini bekerja di PT Pertamina Hulu Energi ONWJ (PT. PHE ONWJ) As Pipeline Integrity Engineer at FI Department. Beliau di daulat oleh Almamaternya untuk mengisi kuliah umum kepada ratusan mahasiswa yang hadir memenuhi ruang tersebut. Disini beliau menceritakan tentang berbagai pengalamanya dalam bekerja. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan Perbedaan Piping dan Pipeline Dalam Oil and Gas. Piping dan pipeline memiliki perbedaan mendasar, walalupun sama sama mengunakan istilah pipa. Pipa merupakan alat yang digunakan untuk menyalurkan fluida, dari satu tempat ke tempat lainya.

Fluida tersebut biasanya di olah atau di proses dalam suatu plan, oleh karenanya letak unit atau ekuipment pengolahannya pun tidak terlalu berjauhan dan biasanya ada dalam satu kawasan (Piping). Berbeda dengan piping, antara sumber dengan unit pengolahan tidak berada satu tempat. Misalnya, apabila unit pengolahan berada sangat jauh dari tempat dimana sumber fluidanya berada, oleh karenanya perlu di buat jalur pemipaan yang menghubungkan dua fasilitas tersebut, (pipeline).

dsc_0478

Interaksi maupun komunikasi antara narasumber dengan peserta sangat terjalin, motivasi yang membangun dan membangkitkan semangat mahasiswa juga disampaikan oleh narasumber, terbukti antusiasnya para audiens yang hadir memenuhi ruangan tersebut. Para audiens juga melakukan diskusi atau sharing serta bertanya seputar materi kuliah umum. Tidak lupa pula Juniriko Putra memberikan hadiah yang menarik bagi mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan langsung dari beliau. /(ns)