• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 16 Jun 2014 | 0 komentar

(FTI Press) Dalam rangka meningkatkan sistem usaha pembangunan masyarakat supaya lebih produktif dan efisien, diperlukan sebuah teknologi. Pengenalan teknologi yang sudah  berkembang saat ini di dalam masyarakat merupakan suatu teknologi yang telah dikembangkan secara tradisional, atau yang dikenal dengan teknologi tepat guna. Pada hari Sabtu 14 Juni 2014 Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UAD menyelenggarakan kuliah umum. Dalam kuliah umum kali ini menghadirkan pembicara utama Bapak Budi Wiyarno, S.T., M.Eng (Direktur PT. Citra Mandiri Sawita), dengan tema “Peranan teknologi tepat guna dalam berwirausaha”. Kuliah umum tersebut berlangsung di kampus 3 UAD, dan merupakan rangkaian acara Milad ke 18 keluarga besar Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri.

FTI UAD

Budi Wiyarno, S.T., M.Eng. dan Ketua Program Studi Teknik Kima Ir. Siti Jamilatun, M.T.

Ir .Siti Jamilatun, M.T. selaku ketua Program Studi Teknik Kimia dalam sambutannya menyampaikan” bahwa untuk memotivasi mahasiswa teknik kimia agar menjadi mahasiswa yang berprestasi, setiap mahasiswa perlu memiliki kualitas sumber daya manusia yang berpotensi tinggi dan berdaya guna dalam berkarya dan berinovasi untuk mengelola sumber daya alam yang ada dengan baik, sehingga nantinya mahasiswa bisa mengembangkan jiwa wirausaha secara maksimal sesuai dengan kemampuan masing-masing dengan menghasilkan suatu produk baru untuk dikenalkan dimasyarakat luas melalui teknologi tepat guna. Beliau juga menambahkan untuk menghasilkan prestasi mahasiswa tentunya tidak memiliki suatu batasan, mahasiswa juga bisa menghasilkan prestasi diluar akademik seperti prestasi di bidang teknopreneurship.

FTI UAD

Budi Wiyarno, S.T., M.Eng dalam menyampaikan kuliah umum di Auditorium Kampus 3 UAD

Budi Wiyarno sebagai narasumber utama pada kuliah umum kali ini, mengangkat pentingnya belajar langsung atau terjun di dunia usaha semenjak anda menjadi mahasiswa. Untuk menjadi mahasiswa saat ini diperlukan beberapa kriteria atau semangat yang tinggi guna menciptakan implementasi belajar yang dilandasi dengan jiwa wirausaha. Sebagai contoh saat anda terjun di dunia kerja, setelah lulus dari perguruan tinggi  pasti anda akan mendapatkan tantangan yang besar, seperti persaingan di dunia kerja. Dalam mencari kerja pasti banyak mengalami hambatan, dimulai dari hambatan yang terkecil karena ditolak satpam disuatu perusahaan ketika anda akan melamar pekerjaan, saling bersaing dengan ribuan pencari kerja untuk memperebutkan posisi kerja yang ada , dan masih banyak tantangan lainnya. Untuk mengatasi hal yang seperti itu, tentunya anda sebagai mahasiswa saat ini harus mampu mencari relasi atau teman sebanyak -banyaknya pada perusahaan atau orang yang bergerak di dunia usaha, jangan sampai peluang tersebut menunggu anda lulus baru punya relasi, tentunya itu akan memakan waktu dan membuang kesempatan yang ada. Sebagai mahasiswa dalam kegiatan atau rutinitas sehari – hari, anda jangan hanya mengandalkan K3 (Kampus, Kantin, Kost). Mahasiswa diharapkan juga mampu menciptakan berbagai kegiatan yang positif guna mencapai kesuksesan selama anda menjadi mahasiswa, seperti contoh anda harus bisa mengasah jiwa teknopreneur anda untuk menciptakan ide, kretivitas, dan inovasi yang terbaru. Hal tersebut disampaikan dalam kuliah umum dihadapan ratusan mahasiswa Teknik Kimia FTI UAD yang memenuhi ruang auditorium.

FTI UAD

Suasana Kuliah Umum Teknik Kimia FTI UAD

Harapan dari kuliah umum ini, bisa mencetak teknopreneur- teknopreneur muda baru handal guna untuk mengembangkan sebuah inovasi baru yang bertujuan untuk mempermudah kehidupan. Sehingga penerapan inovasi teknologi terbaru tersebut bisa menjawab tantangan yang ada di kehidupan masyarakat, tentunya tidak jauh dari permasalahan perekonomian yang salah satunya adalah tingginya angka pengangguran di masyarakat saat ini. (ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa