• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 29 Mar 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) pada Hari Kamis, 29 Maret 2018, menerima kunjungan dari Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Dalam kunjungannya di Program Studi Teknik Industri FTI UAD rombongan dari UMRI tersebut mengagendakan untuk melihat langsung sistem proses pembelajaran pada program studi Teknik Industri yang didukung dengan keberadaan laboratorium terintegrasi untuk digunakan dalam menunjang pelaksanaan praktikum mahasiswa serta kegiatan lain seperti pelatihan dan penelitian. Annie Purwani, STP., M.T. (Ketua Program Studi Teknik Industri FTI UAD) beserta bapak/ibu dosen menerima rombongan dari UMRI tersebut di ruang Sidang Teknik Industri Kampus 3 UAD Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan Yogyakarta.

Rombongan dari UMRI yang terdiri dari 5 dosen dan diketuai oleh Dedi Dermawan, S.T., M.T. (Dekan Fakultas Teknik UMRI), serta Satiardi, S.T., M.Eng. (Kaprodi Teknik Industri UMRI). Studi banding ini difokuskan melakukan saring proses kegiatan belajar mengajar, kurikulum, serta mempelajari proses belajar – mengajar di laboratorium Teknik Industri seperti : workshop sistem produksi serta laboratorium APK & Ergonomi, laboratorium komputer, laboratorium optimasi, laboratorium statistik, laboratorium simulasi dan laboratorium desain produk yang semuanya dipusatkan di Gedung Laboratorium Terpadu.

Dari sekian banyak praktikum di laboratorium Teknik Industri UAD tersebut tentunya didukung sumber daya manusia, perangkat keras dan lunak yang memadai untuk menunjang proses kelancaran dalam melaksanakan praktikum seperti praktikum menggambar teknik, analisis perancangan kerja dan ergonomi, optimasi, statistik, desain produk, proses produksi, sistem produksi, simulasi komputer, dan perancangan teknik industri. Fasilitas dan peralatan yang tersedia di laboratorium meliputi ruang iklim, conveyor, treadmill, backstrength dinamometer, handgrip dynamometer, antropometri statis dan dinamis.” terang Reni Dwi Astuti,STP., M.T. (Kepala Laboratorium Teknik Industri UAD).

Menurut Annie Purwani “kunjungan studi banding ini diharapkan bisa semakin mempererat hubungan yang saling menguntungkan di antara kedua lembaga pendidikan tinggi terutama sesama Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dibidang pendidikan tinggi, khususnya dalam meningkatkan mutu pelayanan akademik melalui pemanfaatan hasil karya teknologi dan pengembangannya guna mendukung pelayanan aktifitas pembelajaran di kampus masing-masing. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa