• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 18 Feb 2015 | 0 komentar

(FTI Press) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, pada hari Kamis 18 Februari 2015 menyelenggarakan Kursus Pembinaan Profesi Insinyur (KPPI) & Sertifikasi Insinyur Profesional (SIP)  yang diperuntukkan bagi anggota baru PII, baik yang sudah berkarir maupun  yang baru di bidang keinsinyuran. Pembekalan yang diselenggarakan di Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) dimaksudkan agar para anggota baru PII mengetahui tentang Kode Etik/ Etika Profesi dan Pengenalan Organisasi PII, serta materi – materi penting lainnya yang perlu di ketahui oleh anggota, termasuk program Sertifikasi Insinyur Profesional (SIP).  

kursus KPPI & SIP PII Wilayah DIY(2)

Suasana Kursus KPPI & SIP yang diselenggarakan oleh PII Wilayah DIY

Program Kursus Pembinaan Profesi Insinyur (KPPI)  yang di moderatori Bapak Wawan Darmawan (PII Wilayah DIY), diikuti oleh dosen FTI UAD,  dengan menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya : Ir. Bayudono, M.Sc., Ir. Suhada, MBA., Ir. Yudha Kurniawan, serta Ir. Muhammad Hadi Nugroho. Seorang Insinyur harus mempunyai jiwa kepamimpinan Engineering Leadership/Human Leadership (menurut Ir. Bayudono). Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi. Seorang pemimpin sejati ialah seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain untuk menjadi pengikutnya. Ia harus mampu mengajak mereka untuk bergabung dan bergerak disekitarnya, agar keberhasilan untuk mencapai visi dan misi menjadi lebih jelas. Dan ia juga mengusahakan agar para pengikutnya pun berhasil. Beliau juga menambahkan untuk menjadi pemimpin yang sejati harus memiliki aspek pendukung seperti : aspek kemampuan supervisi, aspek kemampuan mencapai sukses, aspek intelejensi, aspek aktualisasi diri, aspek percaya diri, dan aspek ketegasan.

Insinyur adalah tiang pembangunan bangsa. Oleh karena itu, keberadaan insinyur harus mendapat perhatian seluruh pemangku kepentingan pembangunan bangsa, baik pemerintah maupun berbagai komponen masyarakat. Sebagai tiang pembangunan bangsa, seorang insinyur harus terus menerus memutakhirkan pengetahuan, keahlian dan sikap profesionalnya seiring dinamika peminatan kerja keinsinyuran maupun dalam rangka menjamin kekokohan praktek keinsinyuran.

Kursus Pembinaan  Profesi Insinyur (KPPI) oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi insinyur secara berkesinambungan atau continouing professional development. Acara yang berlangsung selama sehari penuh tersebut juga membahas tentang keorganisasian PII, sertifikasi dan registrasi tenaga kerja, serta panduan pengisian langsung Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP) oleh Ir. Muhammad Hadi Nugroho. / (ns)

kursus KPPI & SIP PII Wilayah DIY(5) kursus KPPI & SIP PII Wilayah DIY(6) kursus KPPI & SIP PII Wilayah DIY(3) kursus KPPI & SIP PII Wilayah DIY(4)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa