• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 12 Nov 2020 | 0 komentar

(FTI News) Alhamdulillah perkembangan robotika dilingkungan Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan, hal ini tentunya dibarengi dengan prestasi-prestasi dari mahasiswa Teknik Elektro yang tergabung dalam wadah Robotic Development Community (RDC).


RDC merupakan bagian dari kelompok studi mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) yang fokus pada kegiatan kemahasiswaan seperti perancangan, pemrograman dan pembuatan robot baik untuk aplikasi industri maupun berskala modul praktikum kendali menjadi fokus awal dari komuniti ini didirikan. RDC bertujuan meningkatkan kemampuan diri semua anggota komunitas ini agar memiliki kompetensi di bidang mikrokontroler, mekatronika, desain sistem elektronika analog & digital dan embedded system (FPGA & ASIC) untuk men-develop robot. Study Club ini telah aktif berpartisipasi dalam berbagai event diantaranya kontes robot lokal, regional, maupun nasional (KRI/KRCI/KRSI).

Dalam perkembangannya saat ini robotika UAD tidak mengalami kendala yang berarti, hanya saja kesulitan yang biasa dihadapi oleh sebuah tim adalah regenerasi. RDC sendiri sangat selektif dalam proses rekrutmen anggota baru. Selain untuk regenerasi dan membangun tim yang solid, tradisi kemenangan UAD di berbagai kontes robot harus tetap terjaga. Tim robot sudah berprestasi dari regional, nasional maupun internasional seperti di Taiwan dan Korea Selatan.

Hal tersebut disampaikan Dr. Muchlas, M.T. (Rektor UAD) ) di Gedung Serbaguna lantai 10 Kampus 4 UAD, Ringroad Selatan, Bantul dalam acara Laporan Perkembangan dan Pembekalan Tim Robotika FTI UAD hari Rabu 11 November 2020.

Acara tersebut juga dihadiri Gatot Sugiarto M.H. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) Danang Sukantar MPd (Kepala Bidang Pembinaan Orgnisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Bimawa), Choirul Fajri SIK MA (Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni/Bimawa, dan Nuryono Satya Widodo M.Eng. (Kaprodi Teknik Elektro), serta anggota Robotic Development Community (RDC).
/(ns)