• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 05 Mar 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Lomba Foto tingkat nasional Program Studi Teknologi Pangan (PSTP) Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTIUAD) merupakan sebuah program dalam upaya mengapresiasi para remaja yang memiliki bakat tentang dunia photography. Lomba foto ini ditujukan untuk remaja usia 15 sampai 19 tahun, dengan mengambil tema WHEN LOCAL FOOD MEETS CREATIVITY” , diharapakan para peserta bisa menampilkan karya-karya terbaiknya serta mampu mengangkat keanekaragaman makanan nusantara yang masih awam dikalangan remaja, sehingga kedepannya para remaja bisa mengenal dan mencintai makanan nusantara. Dalam event nasional tersebut diikuti kurang lebih 40 foto yang masuk ke panitia dengan total hadiah jutaan rupiah.


Teknologi pangan merupakan bidang ilmu terapan dari biologi, kimia, dan fisika untuk mendapatkan manfaat optimal serta meningkatkan nilai tambah dari bahan pangan yang meliputi subtitusi, fortifikasi, dan formulasi. PSTP UAD mempunyai keunggulan dalam penguasaan dalam bidang rekayasa pengolahan pangan, analisis mutu pangan, gizi dan kesehatan, manajemen industri pangan, kajian kehalalan pangan, pengembangan produk berbasis sumber daya lokal, pangan fungsional, dan kewirausahaan. Dengan lomba foto ini masyarakat bisa menggambarkan karya nyata produk pangan nusantara melalui lomba foto nasional PSTP 2016.

Kopi & Geblek

Dewan juri untuk penilaian dalam lomba tersebut terdiri dari seluruh dosen Program Studi Teknologi Pangan, serta mengundang 2 dewan juri utama Dr. Muchlas, M.T. (Wakil Rektor 1 UAD), dan Hendra (Profesional Photographer). Tahapan penilaian terdiri dari 40 karya yang masuk ke meja panitia untuk diseleksi terlebih dahulu guna menjaring menjadi 10 besar. Perdebatan para dewan juri sangat sengit untuk menentukan 3 pemenang utama, dikarenakan seluruh para peserta mengirimkan hasil karya foto yang terbaik. Dalam segi penilaian juga harus memenuhi unsur-unsur dasar fotografi yakni, ketajaman, sudut pandang, teknik pemotretan serta komposisi. Konsep, melingkupi unsur-unsur gagasan atau ide yang melatari lahirnya sebuah karya foto. Disamping itu Konten harus melingkupi unsur-unsur pesan dan informasi yang tersirat maupun tersurat dalam foto, sehingga seorang fotografer sebisa mungkin menampilkan keindahan yang menjadi ciri khas dalam objek fotonya. Setelah memenuhi unsur tersebut yaitu unsur teknis, konsep, konten, tematis maka dewan juri menetapkan 3 juara sebagai berikut:
Juara 1 Reza Antara Baskoro (SMAN 2 Wates Yogyakarta) Tema Kopi & Geblek
Juara 2 Fatima Nur Alima (SMAN 1 Teladan Yogyakarta) Tema Jagung Bakar
Juara 3 Romi Abdurrahman (Teknik Industri) UAD Tema Gethuk

Jagung Bakar

Penyerahan hadiah bagi para pemenang diselenggarakan pada hari Kamis 02 Maret 2017 di ruang Dekanat FTI UAD. Hadir dalam penyerahan tersebut Endah Sulistiawati, S.T., M.T. (Wakil Dekan FTI UAD), Ika Dyah Kumalasari, S.Si, M.Sc, Ph.D (Ketua Prodi PSTP) dan dosen PSTP. Amalya Nurul Khairi, STP., M.Sc. (Panitia) menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan lomba nasional PSTP 2016. Selamat bagi para pemenang, dan yang belum menang kami tunggu karya anda selanjutnya pada event PSTP yang akan datang.

Gethuk

/(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa