• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 31 Agu 2015 | 0 komentar

(FTI Press) Kebanyakan orang memang masih banyak belum mengerti tentang (energy management) atau manajemen energi. Pada perkembangan jaman saat  ini, manajemen energi jarang sekali setiap individu untuk mempedulikannya, padahal jika manajemen energi ini disosialisasikan kepada masyarakat, maka masyarakat akan mengerti pentingnya memanfaatkan sumber daya energi dengan bijak. Untuk mengetahui lebih dalam pentingnya manajemen energi tersebut, Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) mengadakan lokakarya dengan tema  “Manajemen Energi Mengacu pada ISO 50001:2011” dengan menghadirkan narasumber Dr. Ir., Era Purwanto, M.Eng. Acara lokakarya yang berlangsung pada hari Sabtu 29 Agustus 2015, diikuti Pimpinan Fakultas, dosen di lingkungan FTI UAD maupun dosen dari luar FTI UAD.

Dalam sambutannya Dekan FTI UAD (Kartika Firdausy, S.T, M.T.) tujuan lokakarya ini lebih lanjut untuk menumbuhkan kesadaran tentang kebijakan dan memanfaatkan sumber energi dengan sebaik-baiknya, serta adanya gagasan untuk menciptakan sumber energi terbarukan bagi kepentingan umat manusia. Manajemen energi merupakan program terpadu yang harus dirancang dengan sangat baik dan teliti secara sistematis untuk pemanfaatan energi secara efektif dan efisien. Dr. Era Purwanto dalam presentasinya juga menyinggung tentang penggunaan energi secara bijak dan tepat, dengan manajemen energi tentunya akan membantu masyarakat untuk memperoleh pasokan energi yang harganya murah dengan jumlah ketersediaan energi yang cukup. Untuk memperoleh pasokan energi murah saat ini masih sulit, dikarenakan penggunaan energi yang sangat boros. Indonesia merupakan salah satu negara terboros dalam hal penggunaan energi. Hal ini terbukti dalam penggunaan listrik saja dalam seharinya sudah sangat boros.

Ditambahkan pula pertumbuhan industri yang berkontribusi bagi perekonomian bangsa Indonesia, tentunya tidak lepas dari penggunaan energi. Namun disisi lain industri  yang menggunakan sumber energi akan menjadi sektor penghasil gas rumah kaca. Dalam penggunaan sumber energi di dunia industri, tentunya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, namun juga menghabiskan energi yang begitu besar. Selain pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan penduduk juga mempengaruhi konsumsi energi  yang sangat besar di Indonesia. Untuk itulah pentingnya penerapan ISO 50001:2011 sistem manajemen energi yang menggunakan model pendekatan siklus plan, do, check, action untuk perbaikan dan menghemat energi jangka panjang. /(ns)