• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 23 Mar 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Bertempat di Hall Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan, pada hari Kamis 22 Maret 2018 Kelompok Studi Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro yaitu Robotic Development Community (RDC), menyelenggarakan Mega Project bagi calon anggota baru RDC. Menurut Gery Asbi Hasan (Ketua Panitia Mega Project 2018), program ini memiliki tujuan untuk mengasah para anggota baru, guna menciptkan project secara mandiri. Disamping itu kegiatan ini mengenalkan inovasi tepat guna bagi masyarakat, serta merupakan salah satu syarat utama untuk menjadi Anggota baru Tim Robot UAD. Mega project dengan tema “Muda Berinovasi dan Menginspirasi” tersebut selain diikuti dari Program Studi Teknik Elektro juga diikuti dari mahasiswa lintas prodi.

RDC merupakan bagin dari kelompok studi mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) yang fokus pada kegiatan kemahasiswaan seperti perancangan, pemrograman dan pembuatan robot baik untuk aplikasi industri maupun berskala modul praktikum kendali menjadi fokus awal dari komuniti ini didirikan. RDC bertujuan meningkatkan kemampuan diri semua anggota komunitas ini agar memiliki kompetensi di bidang mikrokontroler, mekatronika, desain sistem elektronika analog & digital dan embedded system (FPGA & ASIC) untuk men-develop robot. Study Club ini telah aktif berpartisipasi dalam berbagai event diantaranya kontes robot lokal, regional, maupun nasional (KRI/KRCI/KRSI).

Mega Project tersebut menghadirkan Alumni Tim Robot Teknik Elektro yang telah meraih berbagai prestasi nasional maupun internasional untuk didaulat sebagai dewan juri, seperti Arsyad Cahya Subrata, Teuku Makmur Tsani, maupun Watra Arsadiando. Terdapat 12 Mega Project yang siap dipamerkan dan dinilai yaitu :Tempat Makan Kucing Otomatis, Alat Ukur Tinggi Badan Berbasis Arduino, Deteksi Dini Kebakaran, Kotak Sampah Putar (Kostar), Alarm Pot Sensor Pir Arduino Uno, Semprotan Tamanan Modern, (STREN), Gascor Zetector with Melody, Automatic Drying with Voice Indication, Autonomous Robot Controller Android (PRO-ARCA), Lindu Detector, File Detector Send SMS) FDS 2, dan Oto Box Alat Hitung Barang. /(ns)