• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 16 Feb 2015 | 0 komentar

(FTI Press) Mendorong suasana akademik yang kondusif terutama dalam kebijakan tentang suasana  akademik, itulah tema yang diangkat pada acara workshop yang diselenggarakan Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD).  Workshop tersebut diikuti Dekanat, Ketua Program Studi,Tim Penyusun PDKL, Tim Borang Fakultas, serta PSMF. Acara yang berlangsung di ruang 104 pada hari Sabtu 14 Februari 2015, menghadirkan narasumber Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T. (Pascasarjana UAD) dan Siti Mahsanah Budijati., STP., M.T. (Dosen Teknik Industri UAD).

workshop suasana akademik 2015 (2)workshop suasana akademik 2015 (4)

Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T. dan Siti Mahsanah Budijati, STP., M.T.

Acara yang dimulai pukul 09.00 Wib tersebut dimulai dengan sambutan Dekan FTI Kartika Firdausy, S.T., M.T., dan dilanjutkan dengan materi sesi pertama yaitu menciptakan suasana akademik yang kondusif. Dalam presentasinya Dwi Sulisworo menyampaikan tentang kegiatan suasana akademik untuk menciptakan kondisi agar proses belajar-mengajar di perguruan tinggi berjalan sesuai visi, misi, dan tujuannya. Suasana akademik juga menjamin terselenggaranya pendidikan yang baik sehingga mampu menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Suasana akademik menciptakan iklim yang kondusif bagi kegiatan akademik, seperti interaksi antarmahasiswa, maupun interaksi antardosen yang mampu mengoptimalkan pembelajaran di perguruan tinggi.

Ditambahkan pula untuk menciptakan iklim suasana akademik di perguruan tinggi perlu adanya 3 aspek pendukung diantaranya :  kebebasan akademik untuk mendalami dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara bertanggung jawab melalui tridarma perguruan tinggi, kebebasan mimbar akademik yaitu kewenangan yang dimiliki dosen yang memiliki otoritas dan wibawa ilmiah untuk menyatakan secara terbuka, bertanggungjawab mengenai  sesuatu yang berkenaan dengan rumpun ilmu dan cabang ilmunya, dan yang ketiga adalah otonomi keilmuan merupakan otonomi sivitas akademika pada suatu cabang ilmu pengetahuan dan atau teknologi dalam menemukan mengembangkan, mengungkapkan, dan atau mempertahankan kebenaran menurut kaidah, metode keilmuan, dan budaya akademik.

workshop suasana akademik 2015 (1) workshop suasana akademik 2015 (3)

Suasana Workshop

Acara workshop sesi kedua yang dimulai pukul 12.30 Wib menghadirkan narasumber  Siti Mahsanah Budijati., STP., M.T. dengan topik “penyusunan dokumen kebijakan tentang suasana akademik dan progress report dokumen kompetensi lulusan FTI UAD.  Acara sesi kedua ini semakin hidup karena dikemas dengan diskusi kecil untuk membahas sekaligus mengevaluasi lulusan sesuai visi dan misi FTI UAD. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa