• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 04 Des 2014 | 0 komentar

(FTI Press) ” Tradisi penelitian di Negara Maju”. Topik tersebut menjadi tema utama dalam kuliah tamu yang diberikan kandidat Ph.D dari Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech). Beliau Ir. Mochamad Syamsiro Sensei, M.T., yang dalam lawatannya berkunjung ke Fakultas Teknologi Industri (FTI) UAD Program Studi Teknik Kimia. Mochamad Syamsiro yang datang langsung dari negeri Sakura jepang tersebut, memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa yang hadir memenuhi ruang 315 kampus 3 (Rabu Tanggal 03 Desember 2014).

 Ir. Mochamad Syamsiro Sensei, M.T., (jepang) (5)Ir. Mochamad Syamsiro Sensei, M.T., (jepang) (1)

Beliau menjelaskan bahwa gaya hidup dan pola pendidikan di Negara Berkembang dan Negara Maju itu berbeda. Negara Maju lebih cenderung memiliki budaya hidup disiplin, tertib, pekerja keras dan fokus. Oleh karena itu sebagai mahasiswa harus mampu mengadopsi hal-hal positif dari Negara Maju untuk bisa  diterapkan di Negara Indonesia, agar kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. “ujar Pak Syamsiro dengan penuh semangat”.

Sementara dalam bidang penelitian di Tokyo Tech mereka menerapkan pengelolaan material dan limbah serta sangat memperhatikan safety dan prosedur penangganan. Di Negara Maju khususnya Jepang sangat menerapkan pola hidup sehat. Mereka harus memilah sampah sebelum akhirnya diambil secara terjadwal oleh bagian yang terkait. Begitupun dengan limbah Laboratorium harus diawasi dan diolah supaya tidak mencemari lingkungan sekitar. Penanganan yang tepat sesuai prosedur juga wajib dilakukan.

Beliau berharap kepada mahasiswa Teknik Kimia UAD, untuk dapat keluar dari Comfort Zone (zona nyaman) untuk menemukan banyak hal-hal baru yang dapat menambah skill dan pengetahuan guna mengembangkan teknologi industri kimia yang secara khusus membutuhkan jumlah tak terbatas tenaga-tenaga ahli yang menguasai disiplin ilmu teknologi kimia. Teknik kimia adalah disiplin ilmu teknik yang merupakan wahana pengembangan dan penguasaan teknologi kimia di dalam industri. Sebelumnya Mochamad Syamsiro Sensei, M.T. diterima langsung oleh Dr. Zahrul Mufrodhi, S.T., M.T dosen Teknik Kimia FTI UAD  sekaligus teman akrab saat berada di Tokyo dalam rangka menuntut ilmu. Zahrul menambahkan dalam rangka kuliah tamu ini diharapkan bisa menambah wawasan baru untuk lebih mendisiplinkan mahasiswa, sesuai dengan apa yang disampaikan Mochamad Syamsiro, supaya bisa mencontoh dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam hal yang positif sesuai dengan kedisiplinan Negara Maju khususnya Negara Jepang.

(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa