• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 10 Jun 2015 | 0 komentar

(FTI Press) Setelah mengikuti kompetisi Kontes Robot Indonesia  (KRI) Regional III Jateng & DIY 2015 di UMS Semarang (14-16 Mei 2015). Tim Robot Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Study Club Robotic Development Community (RDC) berhasil mendapatkan 3 kategori juara, yaitu Juara II dan Inovasi Terbaik dalam Kontes Robot Sepak Bola Indonesia, serta Juara III Kontes Robot Seni Indonesia. Tim Robot Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan yang berhasil mengukir prestasi di ajang tersebut berhak melangkah ke pentas Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2015 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tanggal 11-14 Juni 2015.

Robot UAD Juara KRI Regional III 2015 (3)Robot UAD Juara KRI Regional III 2015 (4)

Pada KRI Nasional 2015 tersebut Tim Robot UAD akan mengikuti 2 kategori perlombaan yaitu Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) adalah salah satu program kreatifitas mahasiswa yang sangat strategis yang ke depannya didesain untuk dapat menjadi unggulan obyek penelitian dan edukasi rekayasa robotika tingkat dunia dengan kiblat langsung kepada komunitas yang sama di seluruh dunia. Kontes ini menjadi ajang kualifikasi nasional untuk mewakili  Indonesia  dalam  RoboCup  yang  merupakan  kompetisi  robot  sepakbola resmi tingkat dunia di bawah organisasi RoboCup (http://www.robocup.org), seperti organisasi FIFA dalam kejuaraan dunia sepakbola manusia.

Kontes Robot Seni tari Indonesia (KRSI) merupakan suatu ajang kompetisi perancangan dan pembuatan  robot  yang  disertai  dengan  unsur-unsur  seni  dan  budaya  bangsa  yang  telah terkenal di bumi pertiwi. KRSI pertamakali diadakan pada tahun 2009 yang mengangkat tema ”Robot Penari Jaipong”, tahun 2010 dengan mengangkat tema ”Robot Penari Pendet” , tahun  2011  dengan  mengangkat  tema  ”Robot  Penari  Kelono  Topeng”,  tahun  2012 mengangkat tema “Robot Penari Piring”, tahun 2013 mengangkat tema “Robot Anoman Duto” pada tahun 2014. Sedangkan Untuk KRSI 2015, sesuai dengan momentum yang tepat dalam gema Nasional membangkitkan kecintaan dan pelestarian budaya-budaya Nasional maka tema yang diangkat adalah “Bambangan Cakil”.

fti uad

Persiapan Tim Robot UAD

Nuryoyo Satya Widodo, S.T., M.Eng.  salah satu dosen pembimbing robot  UAD saat Pers Conference di ruang Sidang Dekanat FTI (jumat, 29/5), Beliau menyatakan’ bahwa 2 Tim Robot UAD bernama Tim KRSI Lanange Jagad dan Tim KRSBI R-Scuad sudah siap mencurahkan seluruh  kemampuannya untuk bertanding pada KRI tingkat nasional tersebut, beliau juga mohon doa restu serta dukungannya kepada seluruh Civitas UAD, supaya Tim Robot UAD yang bertanding bisa meraih prestasi pada lomba robot ditingkat nasional pada tahun ini. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa