• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 02 Mar 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) mengadakan pelatihan Google Apps (GA) selama satu hari pada tanggal 02 Maret 2016, bertempat di Laboratorium Komputer Basis Data Kampus 3 UAD. Google Apps for Education adalah layanan google untuk dunia pendidikan mulai dari TK sampai perguruan tinggi. Ali Tarmuji, S.T., M.Cs. selaku koordinator dan instruktur pelatihan (GA) memberikan materi mengenai Google Drive, Google Form dan Google Calender kepada Seluruh laboran yang ada dilingkungan Fakultas Teknologi Industri UAD.

DSC_0606

Suasana Pelatihan Google Apps

Google Apps salah satu produk dari google yang memberikan fasilitas untuk mengatur pekerjaan secara online. Untuk mendapatkan fasilitas Google Apps dapat diperoleh dengan biaya murah atau bisa didapatkan secara gratis. Dengan layanan ini yang diperoleh secara gratis atau berbayar akan
memudahkan dalam melakukan sharing project mulai dari sharing Document secara online, Group management, Task Management, Calendar dan Email yang berkapasitas besar. Kelebihan dari Google Apps ini adalah dapat disetting menggunakan Nama Domain sendiri. Di setiap Google Apps bisa menambahkan Logo perusahaan, Logo akan ditampilkan sebagai pengganti logo bawaan default google, dengan menggunakan domain sendiri akan menjadikan branded tersendiri untuk para pelaku usaha. Sedangkan untuk pengaturan bahasa tentunya bisa disetting dalam bahasa Indonesia.

Ali Tarmuji menjelaskan dari banyak nya google apps tersebut, salah satu nya yaitu Google calendar. Google calendar adalah aplikasi google untuk mengatur pekerjaan dan jadwal agar tidak lupa jika ada sesuatu untuk dikerjaan, dan tentu saja mempunyai fitur reminder yaitu alarm pengingat melalui akun email tersebut, dan jika tidak selalu membaca email karena tidak ada koneksi internet, Google Calendar juga memberikan fasilitas SMS notification melalui ponsel yang langsung me-reminder sang pengguna Google calendar, dan manfaat dari menggunakan Google calendar diantaranya adalah, meminta Google calendar untuk mengingatkan jadwal kuliah ataupun praktikum melalui SMS notification secara gratis, dapat mengerjakan tugas dengan tepat waktu, karena kita bisa membuat agenda atau kegiatan harian agar dapat membagi waktu dengan benar, bahkan bisa sekedar untuk membangunkan kita dari tidur agar tidak kesiangan atau telat pada saat kuliah ataupun solat 5 waktu.

DSC_0609 DSC_0602

Dari beberapa manfaat pelatihan tersebut, dapat diterapkan oleh laboran untuk menggunakannya seperti menyusun jadwal praktikum, mengingatkan waktu praktikum dan lainnya, karena sangat efektif dan efisien. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa