• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 15 Feb 2016 | 0 komentar

(FTI Press) Untuk lebih mensosialisasikan optimalisasi pemanfaatan Google di kalangan staff dan dosen, Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) mengadakan pelatihan Google Apps (GA) selama satu hari pada tanggal 15 Februari 2016, bertempat di Laboratorium Komputer Basis Data Kampus 3 UAD. Google Apps for Education adalah layanan google untuk dunia pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA/MA/SMK dan perguruan tinggi. Google memberi solusi untuk komunikasi yang terintegrasi dengan email, kalender dan obrolan/ diskusi dan solusi berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran. Ali Tarmuji, S.T., M.Cs. selaku koordinator dan instruktur pelatihan (GA) memberikan materi mengenai Google Drive, Google Form dan Google Calender secara lebih mendalam.

DSC_0561

Ali Tarmuji Menunjukkan GA lewat Android

Dengan Google Docs (Google Drive), kita bisa mengerjakan tugas kelompok tanpa harus bersempit-sempit di depan satu komputer. Kita juga tak perlu lagi memiliki dokumen terpisah-pisah yang nantinya harus disambungkan secara manual. Google Drive memungkinkan beberapa orang berkolaborasi dalam satu dokumen yang sama secara real-time. Mereka bisa saling melihat perubahan dan melakukan diskusi. Perdebatan dalam pengerjaan tugas pun bisa tetap dilakukan meskipun anggota kelompok tidak bertatap muka.

Dengan Google Forms,  kita bisa menggelar survei  secara online. Keunggulan survei online adalah, data yang terkumpul bisa langsung diolah dan dipantau. Google Forms juga penting untuk membangun networking, yaitu kegiatan menjalin pertemanan dan membangun jaringan perkenalan.

Dengan Google Calendar, kita bisa menjaga kontak dengan teman dan berbagi kegiatan yang akan dilakukan bersama. Calendar juga berguna untuk menjaga agenda sehari-hari sehingga tidak ketinggalan jadwal ataupun agenda rapat. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh kampus yang menerapkan Google Apps for Education adalah mengintegrasikan kalender akademik, hingga jadwal perkuliahan dan tenggat tugas dengan aplikasi Google Calendar. FTI UAD sendiri sudah menggunakan Google Apps sebagai alat komunikasi dan kolaborasi untuk seluruh civitas akademis sehingga semakin mempermudah setiap kegiatan administrasi perkantoran dan perkuliahan. /(ns)

DSC_0560 DSC_0562