• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 01 Apr 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Prestasi  luar biasa yang ditorehkan dara kelahiran Ketapang 29 April 1995, CHICI WARDIANI PRASONGKO merupakan lulusan dari Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI), yang Alhamdulilah merupakan wisudawan lulusan terbaik di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada wisuda periode 1 April 2017. Saat ditemui reporter fakultas, putri pasangan Bapak Suwarto dan Ibu Suryani ini berbagi pengalamannya saat menempuh studi di Program Studi Teknik Kimia. Banyak hal yang saya peroleh selama kuliah di UAD, terlebih di Fakultas Teknologi Industri ini. Berikut rangkuman dari wawancara dengan nara sumber.

Chici Wardiani Prasongko

“Menjadi Mahasiswa Berprestasi tentunya merupakan keinginan dan harapan yang harus diwujudkan bagi para mahasiswa/i dalam meningkatakan citra positif diri selain itu, juga dapat mengangkat nama baik dari kampus yang akan menjadi daya tawar tersendiri bagi masyarakat dalam memilih kampus terbaik. Allhamdulillah, saya bersyukur menjadi salah satu mahasiswa berprestasi tersebut. Tapi ini semua tidak terlepas dari usaha yang keras serta segala do’a maupun restu dari orang tua. Selama saya berkuliah di UAD, tentunya banyak hal-hal yang saya lalui. Tahun 2013, merupakan tahun lulusnya saya dari SMA dan merupakan tahun bagi saya menjadi mahasiswi baru Prodi Teknik Kimia, FTI UAD. Diawal masa perkuliahan saya begitu excited, karena mendapat teman baru yang tidak hanya dari daerah yang sama tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia sehingga saya mengenal berbagai karakter orang, dan dari situlah saya belajar bagaimana cara bersikap yang lebih baik lagi terhadap orang lain. Selain itu juga diawal masa perkuliahan, materi yang didapatpun belum terlalu susah karena masih mengulang materi-materi yang sama dari SMA. Karena jurusan saya ambil ketika SMA yaitu jurusan IPA sehingga tidak terlalu sulit bagi saya untuk mengikuti perkuliahan di Prodi Teknik Kimia tinggal bagi saya untuk mengingat kembali materi yang sudah saya dapatkan ketika SMA. Semester 1, memang belum terlalu sibuk bagi kami mahasiswa/i Teknik Kimia, karena belum ada praktikum yang diampu.

Semester 2, kesibukan pun dimulai. Ada 2 praktikum disemester ini dan laporan dari kedua praktikum ini harus ditulis tangan. Terlebih jika ada revisi dari laporan praktikum sebelumnya jadi terkadang dalam 1 minggu saya harus mengumpulkan 4 laporan sekaligus dan harus belajar 2 materi praktikum yang akan datang karena ada pretest sebelum praktikum berikutnya. Belum lagi, ada beberapa tugas dari matakuliah lainnya yang harus dikerjakan. Tetapi itu semua dapat terlewati karena saya tidak menghadapinya sendiri melainkan bersama-sama dengan teman angkatan saya. Mengeluh? Jelas pasti ada. Tapi, kembali lagi memikirkan orang tua yang telah mencari rezeki agar saya bisa berkuliah di Yogya dan mereka tak pernah mengeluh sedikitpun mengeluarkan uang banyak agar saya tetap bisa berkuliah, membuat cambuk semangat bagi saya agar bisa melawan segala hawa malas yang kadang susah di lawan.Kalimat yang selalu tertanam pada diri saya yaitu “Orang lain bisa, kenapa saya tidak?”.

Tetapi ada beberapa kiat-kiat yang saya lakukan untuk mensiasatinya yaitu diantaranya saya membuat kelompok study, review materi kuliah, mengasah skill yang dimiliki, dan tidak sungkan untuk sering bertanya dalam hal yang positif. Nah itulah kiat-kiat yang membangun diri saya menjadi lebih baik lagi. Selain itu tidak pula untuk melupakan kewajiban sebagai seorang muslimah seperti sholat 5 waktu serta disamping berusaha kita juga harus berdoa kepada Allah SWT. Chici merupakan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan Program Studi Teknik Kimia dengan menyelesaikan kuliah lulusan tepat waktu, dan meraih IPK 3,91.

/(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa