• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 24 Mar 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Selamat kepada calon wisudawan Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) yang akan diwisuda pada Sabtu 24 Maret 2018. Gelar sarjana belum tentu akan terjamin kesuksesannya di masa yang akan datang. Banyak juga mahasiswa yang masih menganggur, meskipun sudah lulus kuliah dan mendapatkan gelar sarjana. Lalu kiranya seperti apa yang perlu dipersiapkan mahasiswa yang diperkirakan bakal sukses setelah wisuda nanti. Prosesi wisuda merupakan rangkaian dari selesainya proses pembelajaran di sebuah kampus. Kuliah di perguruan tinggi yang kemudian diakhiri dengan wisuda hanyalah salah satu tahap kesuksesan dalam hidup. Justru, tantangan hidup yang sebenarnya menghadang dan muncul setelah wisuda. Wisuda ternyata bukan saja mendatangkan kebahagiaan, tapi juga mendatangkan rasa cemas. Beberapa tahun yang lalu, saya sama dengan kalian semua, saya juga menantikan prosesi wisuda tersebut, rasa cemas dan bahagia tentunya juga saya rasakan. Namun kekhawatiran tersebut alangkah baiknya diiringi dengan ikhtiar dan doa serta upaya maksimal, agar kita selalu termotivasi menjadi orang yang sukses.Uraian tadi disampaikan Patisina, S.T., M.Eng. alumni Program Studi Teknik Industri, seorang motivator yang saat ini tinggal menunggu sidang doktornya di bulan ini. Patisina di daulat untuk memberi motivasi kepada 81 Calon wisudawan/wati FTI UAD yang bertempat di gedung lantai 1 sayap barat Kampus 4 UAD.

Dengan penuh semangat patisina mengajak calon wisudawan/wati untuk tidak terpaku, setelah wisuda hanya mau jadi pegawai, kalau bisa kita mengubah paradigma setelah kuliah mau apa? jangan jadi pegawai semua. Saatnya berpikirlah besar tapi mulailah dari hal yang terkecil, yaitu berkomitmen tinggi menjadi seorang entrepreneur. Orang yang bisa fokus dalam melakukan sesuatu pasti bisa menyelesaikan semua masalah yang tengah ia hadapi. Mahasiswa juga demikian, seorang mahasiswa yang bisa fokus dalam menyelesaikan kuliahnya bisa menjadi bekal berharga setelah wisuda nanti. Banyak orang yang gagal karena ia tidak bisa memegang komitmennya sendiri. Kalau sudah punya komitmen, coba buktikan dengan prestasi. Mahasiswa yang mengingkari komitmennya seolah menggambarkan dirinya setelah wisuda nanti, apakah dia ingin maju atau sebaliknya.

Peluang usaha saat ini sangat terbuka lebar tidak dengan cara yang lama namun dengan cara baru.Jadilah entrepreneur sebagai pilihan bukan keterpaksaan. Kita harus betul-betul sadar akan pilihan hidup kita. Mental dan karakter berkemauan keras untuk bisa mencapai sukses memang sangat wajib dimiliki para entrepreneur sukses selain untuk bisa mengatasi tantangan juga untuk membuka ruang dan jalan untuk rencana-rencana ke depannya. Diakhir motivasinya patisina berpesan kepada almamaternya untuk sukses di dunia kerja harus mempunyai kompetensi maupun tujuan yang jelas, harus membangun kedekatan apa yang diinginkan, jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, dan yang terakhir segera action untuk menentukan masa depanmu setelah prosesi wisuda selesai, dan jangan ditunda lagi. /ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa