• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
| Oleh | 05 Okt 2020 | 0 komentar

(FTI News) Dosen Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD), yang terdiri dari Murinto, S.Si., M.Kom dan Lisna Zahrotun, S.T., M.Cs, serta di bantu 5 mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, melakukan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2020. Program PKM tersebut dengan mengadakan pelatihan aplikasi e-raport dan e-learning untuk guru-guru SD/MI Muhammadiyah/Aisyiyah yang tergabung pada Badan Kerjasama Sekolah (BKS) SD/MI Muhammadiyah/Aisyiyah Kabupaten Bantul.


Dengan jumlah peserta yang mencapai 60 Guru, maka kegiatan pelatihan tetap memenuhi dan mematuhi protokol kesehatan Covid 19, maka kegiatan pelatihan dilakukan bertahap secara tatap muka selama 4 hari yaitu Jumat (02/10/2020)- Sabtu (03/10/2020) dan Senin (05/10/2020 ) sampai selasa (06/10/2020)  tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19. Setiap hari jumlah peserta di batasi maksimal hanya 15 guru. Adapun tempat pelaksanaanya di SD Unggulan Aisyisyah Kota Bantul.

Murinto, S.Si., M.Kom (Ketua PKM) menyampaikan “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaporkan perkembangan kemajuan siswa-siswa SD melalui aplikasi e-raport. Aplikasi e-raport merupakan suatu aplikasi yang dibuat oleh dua mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (Adhymas dan Abima) yang dipandu oleh Lisna Zahrotun, S.T., M. Cs selaku dosen pembimbing. Aplikasi ini sangat berguna dan membantu guru dalam melaporkan kemajuan siswa. Materi lain yang diajarkan dalam pelatihan ini adalah penggunaan google classroom.

Aplikasi tersebut sangat berguna sekali dalam masa pandemi seperti sekarang ini, di mana pembelajaran dilakukan secara online. Sedangkan materi lain yang di sampaikan adalah pembuatan media pembelajaran menggunakan Open Broadcaster System (OBS). Guru-guru mengembangkan media pembelajaran online yang berkualitas untuk pembelajaran daring. Penggunaan google classroom dan OBS sangat membantu sekali dalam pembelajaran online ini.

doc/ns